Dark/Light Mode

Implementasi Otsus Harus Tetap Dengarkan Aspirasi Masyarakat Papua

Kamis, 29 Juli 2021 21:06 WIB
Peta Papua (Foto: Istimewa)
Peta Papua (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Selanjutnya, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Jayapura, Orpa Nari, mengungkapkan bahwa perubahan UU Otsus Papua diharapkan dapat memberikan kesempatan yang lebih besar kepada perempuan yang ada di tanah Papua untuk berpartisipasi dalam proses kebijakan. Menurut Orpa, keterlibatan pemerintah Jayapura sangat baik dalam pemberdayaan perempuan Orang Asli Papua. 

“Hal ini harus ditiru kabupaten dan kota lain di Papua untuk melibatkan perempuan sebagai agen pembangunan di Papua. Kita berharap pemerintah memberikan ruang seluas-luasnya kepada perempuan Orang Asli Papua,” ucap Orpa.

Baca juga : Dapur Umami Hadirkan Beragam Fitur Baru dan Inspirasi Masyarakat dimasa Pandemi

Pembicara terakhir, Tenaga Ahli Utama Bidang Papua Kantor Staf Presiden (KSP), Theofransus Litaay, mengatakan bahwa sejak 2016, Presiden Jokowi telah mengingatkan untuk menggunakan pendekatan budaya yang menghormati kearifan lokal dan menempatkan rakyat Papua menjadi subjek penting dalam pembangunan di tanah Papua. Cara kerja yang lebih efektif agar mampu menghasilkan lompatan kemajuan kesejahteraan bagi rakyat Papua dan Papua Barat.

Diskusi ini ditutup dengan semangat untuk bersama mengawal pelaksanaan Otsus di Papua dan Papua Barat di berbagai aspek dengan perspektif HAM, inklusi, dan partisipasi. Agar kebijakan Otsus menjadi lebih relevan dalam menjawab aspirasi masyarakat Papua. Pemda juga diharapkan proaktif dan responsif dalam menjalankan kebijakan terkait Otsus dengan melibatkan masyarakat Papua untuk mendapatkan manfaat Otsus yang optimal. 

Baca juga : Perpustakaan Desa Harus Bisa Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Pendekatan kekerasan harus dihentikan dalam mengatasi permasalahan di Papua. Masukan dari masyarakat Papua harus dilihat sebagai kepedulian dan partisipasi untuk Papua dan Papua Barat yang lebih baik, serta menghargai Orang Asli Papua. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.