Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Diungkap Bamsoet

Akidi Tio Pamannya Mendag Singapura

Sabtu, 31 Juli 2021 08:24 WIB
Keluarga Akidi Tio saat menyerahkan sumbangan secara simbolis sebesar Rp 2 triliun di Polda Sumatera Selatan, Senin (26/7). (Foto: Istimewa)
Keluarga Akidi Tio saat menyerahkan sumbangan secara simbolis sebesar Rp 2 triliun di Polda Sumatera Selatan, Senin (26/7). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Menurut Bamsoet, Akidi pernah bersumpah kepada Thong Djoe, kalau dia kaya raya akan memberikan sumbangan ke rakyat Palembang. "Dan terbukti janjinya melalui wasiat anak cucunya," tambahnya.

"Ternyata dialah penyumbang terbesar di Sumsel dan Indonesia, baik itu panti asuhan yatim, orang cacat, buta, dan lain-lain. Selalu pakai no name atau Hamba Allah," tutur Bambang. "Ternyata dia orang ke-2 sedunia yang menyumbang terbanyak sesudah Bill Gates," tuntasnya. 

Baca juga : Panglima TNI Mendatang Jangan Dari Hasil Lobi Politik

Eks Ketua DPR Marzuki Alie ikut mengulas sosok Akidi. Marzuki menyebut, Akidi memang masih sekeluarga dengan Thong Djoe. 

"Beliau donasikan uang cash Rp 2 triliun. Ini harusnya menginspirasi kita semua untuk berbuat sama. Ada yang bisnis Covid, dagang obat, vaksin mencari kesempatan. Alhamdulillah masih ada yang peduli dengan sesamanya. Semoga bisa menginspirasi pengusaha-pengusaha lainnya, ada saatnya kita mencari uang, ada saatnya kita beramal," tulis Marzuki, di akun Twitter @marzukialie_MA.

Baca juga : Kabar Duka, Bupati Lembata Eliaser Meninggal Dunia

Sampai kemarin, belum ada kabar terbaru tentang kelanjutan sumbamgan Akidi. Belum ada kabar apakah dana tersebut sudah ditransfer atau belum. 

Menantu Akidi, Rudi Sutadi, yang tinggal di Kecamatan Ilir Timur 1, Palembang, Sumatera Selatan, hanya memastikan, uang itu sudah ada dan merupakan tabungan mertuanya semasa hidup.

Baca juga : Airlangga Mantapkan Kerja Sama Bilateral Dengan Singapura

Sebelum meninggal pada 2009 lalu, Akidi sempat berpesan kepada anak dan menantunya agar menyalurkan dana yang ia kumpulkan tersebut ketika dalam keadaan sulit, sehingga bisa membantu warga yang membutuhkan. "Jadi, uang itu sebetulnya bukan kami yang kumpulkan. Uang itu Bapak kumpulkan sendiri dan minta kami salurkan saat kondisi sulit, agar membantu warga, sehingga wasiat tersebut kami jalankan," kata Rudi, di kediamannya, Rabu (28/7), seperti dikutip Kompas.com. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.