Dark/Light Mode

Viral Bocah Ditinggal Wafat Ayah Ibunya Karena Covid-19

Pemkab Sragen Jemput Vino Ke Kutai Barat

Sabtu, 31 Juli 2021 14:19 WIB
Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati melepas keberangkatan Yatin, Kakek dari Vino, didampingi oleh petugas Dinas Sosial (Dinsos) Sragen di Rumah Dinas Bupati Sragen, Jumat (30/7). (Foto: Pemprov Jateng)
Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati melepas keberangkatan Yatin, Kakek dari Vino, didampingi oleh petugas Dinas Sosial (Dinsos) Sragen di Rumah Dinas Bupati Sragen, Jumat (30/7). (Foto: Pemprov Jateng)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen memfasilitasi penjemputan Alviano Dafa Raharjo atau Vino dari Kutai Barat Kalimantan Timur untuk kembali ke Sragen, Jawa Tengah.

Kisah Vino sempat viral setelah bocah itu ditinggal sendirian karena orang tuanya, Lina Safitri dan Kino Raharja, yang wafat akibat Covid-19.

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati telah melepas keberangkatan Yatin, Kakek dari Vino, didampingi oleh petugas Dinas Sosial (Dinsos) Sragen di Rumah Dinas Bupati Sragen, Jumat (30/7).

Baca juga : Takut Mati Karena Covid Takut Mati Karena Lapar

"Sesuai dengan wasiat yang diberikan oleh orang tuanya bahwa Vino untuk dirawat di kampung halamannya Sragen. Penjemputan Insyaallah kita sudah fasilitasi sebelumnya. Jadi tinggal nanti pendamping yang membawa uangnya, untuk nanti apa yang dibutuhkan, apa yang diperlukan siap," kata Kusdinar.

Terkait pendidikan, pihaknya siap untuk membiayai pendidikan Vino. "Pendidikan Vino saya tidak masalah. Tergantung Vino nantinya, saya hanya tidak mau menekan maupun intervensi dahulu, biar tenang dulu. Nanti kalau maunya sekolah dekat simbahnya, akan kita upayakan," terangnya.

Kusdinar juga berpesan kepada Vino tetap semangat. Bagaimana pun Pemkab Sragen siap untuk membantu membesarkan Vino. Sementara Yatin, mengatakan kondisi Vino saat ini dalam keadaan sehat dan telah selesai menjalani isolasi mandiri sejak Senin (26/7) lalu.

Baca juga : Banyak Wartawan Meninggal Karena Covid-19, Imin Ikut Berduka

"Kondisi terakhir Vino sehat sekali, bahkan kemarin saya telepon dia sedang asyik mancing," akunya.

Yatin menyebut, Vino adalah pribadi dengan mental kuat. Bahkan Vino menghibur kakeknya agar tidak sedih saat menjemputnya nanti.

"Nanti kalau sudah sampai sini jangan sedih, nanti nyekar mama sama papa, tapi Simbah harus siap jangan sedih," kata Yatin menirukan Vino.

Baca juga : Ingat Nih, Penimbun Obat Covid-19 Bakal Dipenjara

Yatin menambahkan, soal tempat tinggal, dia menyerahkan semuanya ke Vino. Apaka akan ikut kakek neneknya yang tinggal di Sambungmacan atau di Sambirejo.

Sementara tim penjemputan nanti tidak akan berlama-lama di Kutai Barat. Jika situasi kondisinya memungkinkan, dan hasil PCR untuk kepulangan ke Sragen menunjukkan hasil negatif, langsung melakukan perjalanan pulang. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.