Dark/Light Mode

Pegawai KPK Peserta Diklat Bela Negara Antusias Petik Wawasan Baru

Sabtu, 31 Juli 2021 18:00 WIB
Para pegawai KPK yang mengikuti Diklat Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan di Universitas Pertahanan, Sentul, Bogor. (Foto: Humas KPK)
Para pegawai KPK yang mengikuti Diklat Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan di Universitas Pertahanan, Sentul, Bogor. (Foto: Humas KPK)

 Sebelumnya 
Seluruh peserta terjadwal rutin mengikuti rangkaian diklat setiap harinya, bahkan hari Sabtu dan Minggu. Pelaksanaan diklat 80 persen sesinya dilakukan di kelas dan 20 persen lainnya di luar kelas.

Contohnya, upacara bendera setiap hari Senin, serta kegiatan praktik baris-berbaris dan kebugaran jasmani pada hari Sabtu dan Minggu.

Sedangkan aktivitas pasca jam belajar lebih banyak dihabiskan untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan. Dimana hampir setiap hari pengajar memberikan tugas untuk dipaparkan dan didiskusikan oleh peserta pada esok harinya.

Baca juga : Banprov Indramayu, KPK Periksa Legislator Jabar Waras Wasisto

Agar peserta tak jenuh, pembelajaran juga harus dinamis dengan memadukan berbagai metode, seperti pemberian materi, tugas kelompok, tugas individu, diskusi kelas, tes, dan ujian.

Sehingga suasana diklat berlangsung interaktif. "Semua peserta maupun pengajar interaktif dan terbuka untuk saling diskusi,” terang peserta diklat.

Sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di lokasi diklat, panitia juga melakukan swab antigen bagi peserta pada setiap sore setelah kegiatan.

Baca juga : Mentan SYL Inspeksi Sawah dan Salurkan KUR

Sejumlah 16 orang mengikutinya dengan hadir langsung di tempat diklat, sedangkan 2 orang lainnya mengikuti secara daring karena harus menjalani isolasi mandiri Covid-19.

Dian berharap dengan metode pembelajaran yang beragam dan materi-materi diklat yang baru, peserta memetik wawasan baru ini secara positif.

"Kegiatan ini diharapkan tidak menjadi beban bahkan justru menjadi sarana yang positif bagi peserta untuk pengembangan diri dan mendapatkan pengetahuan-pengetahuan baru terkait bela negara dan wawasan kebangsaan," tandasnya.

Baca juga : Buka Diklat Bela Negara Di Unhan, Firli Bahuri Apresiasi 18 Pegawai KPK Yang Ikut

KPK dan Kemenhan sepakat, setelah menyelesaikan Diklat Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan, para peserta dapat mengaplikasikan nilai-nilai yang diajarkan dalam pelaksanaan tugas-tugas pemberantasan korupsi sebagai kontribusi yang positif bagi kinerja kelembagaan KPK. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.