Dewan Pers

Dark/Light Mode

Usut Korupsi Kegiatan Motocross Grand Prix

KPK Ubek-ubek Semarang

Minggu, 1 Agustus 2021 06:40 WIB
Pelaksana Tugas Juru Bicara Ali Fikri. (Foto: Dok. KPK)
Pelaksana Tugas Juru Bicara Ali Fikri. (Foto: Dok. KPK)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusut dugaan korupsi dana penyelenggaraan Motocross Grand Prix (MXGP) 2018 di Semarang.

“Ya ada tim Satgas yang sedang bekerja mengumpulkan data-data di BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) Jawa Tengah,” ujar Pelaksana Tugas Juru Bicara Ali Fikri.

Penyelenggaraan MXGP 2018 menggunakan dana hibah Pemerintah Kota Semarang Rp 18 miliar. Penyelenggaraan event olahraga otomotif itu dilaksanakan di Bukit Semarang Baru (BSB) Mijen pada 7–8 Juli 2018.

Berita Terkait : Kasus Korupsi Pengadaan Tanah, KPK Segera Panggil Anies Baswedan

KPK mensinyalir ada penyelewengan dana sebesar Rp 10 miliar. PT Arena Sirkuit Internasional (ASI) sebagai penyelenggara tak kunjung melengkapi Laporan Pertanggungjawaban (LPj) kegiatan ini.

Kuitansi-kuitansi pembelian maupun pengadaan barang untuk kepentingan pelaksanaan event itu tak juga diserahkan. Akibatnya, terdapat selisih dana dalam penghitungan anggaran kegiatan.

“Kita sedang kumpulkan data-datanya dari hulu sampai ke hilir,” kata Ali. Mulai dari pembahasan rencana kegiatan hingga pencairan dana hibah.

Berita Terkait : Korupsi Pengadaan Tanah Munjul, KPK Periksa Eks Plt Dirut Sarana Jaya

Selanjutnya penyidik mensinkronkan penghitungan anggaran bersama-sama tim audit BPKP Jawa Tengah.

Sebelumnya, Deputi Penindakan KPK, Inspektur Jenderal Polisi Karyoto mengungkapkan jajarannya telah meminta keterangan sejumlah saksi. Mereka adalah saksi pelapor.

Yakni mantan Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jawa Tengah Kadarusman, Ketua Harian, Bendahara I, Bendahara II, dan seorang staf.

Berita Terkait : Kejati DKI Usut Dugaan Korupsi Pembelian Crane Di Era Ahok

Kadarusman tercatat sudah menjalani pemeriksaan sebanyak tiga kali. Pemeriksaan dilakukan pada 5 dan 6 Maret 2020, serta 16 April 2021.
 Selanjutnya