Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tahun Baru Hijriah, PBNU Ajak Nahdliyin Tingkatkan Ibadah Dan Kepedulian

Selasa, 10 Agustus 2021 07:56 WIB
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj. (Foto : NU.or.id)
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj. (Foto : NU.or.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Memperingati Tahun Baru Hijriyah 1 Muharram 1443, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj mengajak Nahdliyin untuk meningkatkan ibadah serta kepedulian terhadap alam dan sesama manusia.

 "Saya mengucapkan selamat Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1443. Semoga Allah senantiasa memberikan rahmat, barakah, ma’unah, taufik, dan hidayah serta ridha kepada kita semua sehingga dalam menjalani kehidupan selalu dalam bimbingan-Nya menuju kesuksesan dunia akhirat," tutur Kiai Said secara virtual pada acara Peringatan Malam 1 Muharram yang digelar Universitas Islam Malang (Unisma) bertajuk "Mengetuk Pintu Langit" diisi dengan Istighotsah dan Doa Tolak Bala, Senin (9/8/2021) dilansir NU Online.

"Melalui momentum bulan Muharram ini, mari kita tingkatkan ibadah kita kepada Allah. Kita tingkatkan amal shaleh kita. Mari bersedekah kepada alam dengan lebih peduli terhadap lingkungan, bersedekah kepada fakir miskin dan yang membutuhkan, khususnya kepada anak yatim," tambahnya.

Baca juga : Sambut Tahun Baru Hijriah, Bamsoet Ajak Umat Islam Sukseskan Vaksinasi

Lebih lanjut, Kiai Said mengajak warga NU di mana pun berada untuk senantiasa memperbanyak zikir, shalawat, doa, dan istighotsah kepada Allah agar pandemi Covid-19 segera berakhir. Diharapkan agar seluruh masyarakat, bangsa, dan negara selalu diberikan keselamatan, kesehatan, serta dijauhkan dari segala marabahaya.

Menurutnya, pergantian tahun baru hijriah ini menjadi momentum spiritual, momentum kemanusiaan, dan momentum untuk terus berdedikasi tinggi. Hal ini bertujuan agar hubungan dengan Allah semakin dekat, hubungan dengan sesama manusia semakin baik, dan dedikasi terhadap kemajuan peradaban semakin nyata.

 "Mari kita lakukan refleksi atas kekurangan kita di tahun lalu dan kita lakukan perbaikan serta penyempurnaan di tahun ini dan mendatang, karena spirit Muharram adalah mengajarkan kepada kita agar selalu optimis," tegas Kiai Said.

Baca juga : Bersama BMT Nusantara, BSI Tingkatkan Ekonomi Syariah di Indonesia

Secara terpisah, Sekretaris Jenderal PBNU H Ahmad Helmy Faishal Zaini juga mengajak umat Islam dan warga NU untuk bisa mengambil berbagai hikmah serta meneladani spirit atau nilai-nilai yang terkandung dalam peristiwa hijrah Rasulullah. 

"Kita harus meneladani sikap, perbuatan, ucapan, dan akhlak Nabi Muhammad dalam kehidupan sehari-hari," kata Helmy.

Ia pun mengajak agar umat Islam mampu merenungkan baik-baik dan menggali lebih dalam berbagai pesan kenabian yang relevan dalam konteks hijrah. Hal itu agar mampu berhijrah dan bertransformasi menjadi pribadi atau bangsa yang lebih baik, mulia, serta semakin bermartabat.

Baca juga : Hadapi Pandemi, Gus Jazil Ajak Mahasiswa UI Tingkatkan Ketauhidan

"Dalam momentum Tahun Baru Hijriah ini, mari kita manfaatkan sebaik mungkin untuk bersama-sama melangitkan doa, saling membantu dan mendukung satu sama lain agar bangsa kita segera diberi kemudahan untuk keluar dari pandemi Covid-19 dengan selamat," pungkas Helmy. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.