Dark/Light Mode

Ayo, Yang Belum Punya KTP Atau NIK Buruan Vaksin

Rabu, 11 Agustus 2021 07:00 WIB
Mekanisme vaksinasi bagi warga yang belum memiliki NIK atau KTP. (Foto : Instagram @Kemenkes_ri).
Mekanisme vaksinasi bagi warga yang belum memiliki NIK atau KTP. (Foto : Instagram @Kemenkes_ri).

 Sebelumnya 
Netizen mendukung langkah pemerintah yang semakin mempermudah warga agar bisa ikut vaksinasi Covid-19. Bahkan, bagi masyarakat yang tidak punya KTP/NIK sekalipun.

Akun @Indah Ariani mengatakan, syarat vaksinasi makin dipermudah sama Pemerintahan Presiden @jokowi. Masyarakat yang tidak mempunyai KTP dan NIK pun sekarang bisa daftar vaksinasi Covid-19. “Ayo, yang belum vaksin, buruan vaksin ya,” ajak dia.

Akun @Deje_Vendra menyambung. Kata dia, sekarang NIK bukan prasyarat untuk bisa memperoleh vaksin virus Corona. Masyarakat yang belum memiliki KTP tidak perlu khawatir tidak mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Baca juga : Dirjen Dukcapil: Perlu Integrasi Data NIK Untuk Vaksinasi

Vaksinasi beneran dikebut. Buat masyarakat adat dan pekerja migran yang tidak punya KTP bisa tetap ikut vaksin,” timpal @mamacia.

Senada, @Mockingjacks mengatakan, warga yang tidak punya KTP/NIK bisa tetap mengikuti vaksin Covid-19. Dia bilang, Kemenkes telah mengeluarkan peraturan terbaru. Masyarakat yang belum mempunyai NIK/KTP tetap dapat mendaftarkan diri mengikuti suntik vaksin Covid-19.

Alurnya, lanjut @Mockingjacks, para calon penerima vaksin datang ke lokasi vaksinasi. Kemudian, petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) mendata warga tersebut untuk dibuatkan NIK.

Baca juga : Hore...Warga Yang Belum Punya NIK Kini Bisa Divaksin Covid-19

“Baru dilanjutkan dengan screening kesehatan. Setelah lolos screening bisa ikut vaksin Covid-19,” kata @Mockingjacks.

Akun @narkosun menyambung. Kata dia, masyarakat tanpa atau tidak punya KTP bisa ikut vaksinasi. Syaratnya, datang langsung ke Dinas Kependudukan setempat, nanti akan diberikan NIK agar bisa ikut vaksinasi.

“Mudah-mudahan pelayanan dipermudah. Terutama, stok vaksin. Perbanyak tempat vaksin agar tidak timbul kerumunan,” harap dia. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.