Dark/Light Mode

Kepala BPIP Hadiri Pengukuhan Paskibraka Oleh Jokowi

Kamis, 12 Agustus 2021 23:20 WIB
Paskibraka. (Foto: ist)
Paskibraka. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi mengukuhkan 68 pelajar SMA untuk menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di halaman Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis (12/8).

Upacara pengukuhan juga dihadiri oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi.  

Baca juga : Kepala BPIP Ajak Ulama Bantu Jelaskan Bahaya Corona

“Dengan memohon rida Allah Yang Mahakuasa, pada hari ini saya mengukuhkan saudara-saudara sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang akan bertugas di Istana Merdeka pada tanggal 17 Agustus 2021,” kata Jokowi. 

Presiden bertindak langsung sebagai pembina upacara. Sedangkan pemimpin upacara merupakan anggota Paskibraka 2021 dari DKI Jakarta, Febitri Nur Tsabitah. Ia juga mewakili rekan-rekan untuk memegang bendera Merah Putih saat pengucapan ikrar Putra Indonesia.

Baca juga : Kemendagri Minta Pemda Sigap Respon Pengaduan Masyarakat

Penyelenggaraan upacara HUT ke-76 RI masih digelar terbatas karena mengikuti protokol kesehatan selama pandemi Covid-19. Istana hanya mengundang pihak yang bertugas untuk hadir secara fisik di istana.

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila Kepada Generasi Muda Melalui Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, para anggota Paskibraka tersebut mendapatkan Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) oleh BPIP.

Baca juga : Mall Dibuka Lagi, Pengusaha Perketat Prokes

Selanjutnya, para anggota Paskibraka yang telah menunaikan tugasnya itu akan mendapatkan kepercayaan sebagai Duta Pancasila Paskibraka Indonesia. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.