Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Harga Tes PCR Mau Diturunkan, Tes Antigen Bisa Digratiskan

Menkes Dan Menkeu Senangkan Rakyat

Minggu, 15 Agustus 2021 08:10 WIB
Ilustrasi tes PCR. (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)
Ilustrasi tes PCR. (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah kabar baik melandainya kasus Corona, ada kabar lain yang juga bikin rakyat senang. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin berjanji akan menurunkan harga tes polymerase chain reaction (PCR), sedangkan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani akan menggratiskan biaya tes antigen mulai 18 Agustus nanti. Semoga kebijakan ini bisa meringankan beban rakyat, juga membuat testing dan tracing sebagai jurus menaklukkan Corona, gencar dilakukan.

Tingginya harga tes PCR yang menembus Rp 900 ribu hingga Rp 2 juta sebenarnya sudah disorot sejak tahun lalu. Namun, dua hari ini, masalah ini kembali disorot setelah India yang sukses menekan laju penularan Corona di negaranya, juga ikut memangkas jauh harga tes PCR mandiri untuk warganya. Untuk sekali tes, warga negeri Bollywood itu cukup merogoh kocek sekitar 500 rupee atau sekitar Rp 100 ribuan.

Baca juga : Mahfud MD: Luruskan Hoaks, Tenangkan Masyarakat

Sejumlah pihak lantas membanding-bandingkan tes PCR di Indonesia dengan beberapa negara lain, termasuk di India yang harganya sangat jomplang. Desakan agar pemerintah menurunkan harga tes PCR pun rame disuarakan.

Menanggapi hal itu, Menkes langsung gerap cepat. Eks bankir ini memastikan, pihaknya segera menghitung kembali berapa sebenarnya harga tes PCR. Sehingga, dalam waktu dekat, harga tes PCR bakal turun.

Baca juga : Messi: Kegilaan Yang Tidak Bisa Dijelaskan Dengan Kata-kata

“Tapi, yang jelas harga tes PCR segera kita turunkan. Kita turunkan secara bertahap. Mengenai berapa harga yang pasti, masih dihitung. Berapa harga reagennya sekarang, berapa harga test kitnya?” ujar BGS, begitu Menkes disapa, kepada Rakyat Merdeka, di Jakarta, kemarin.

Meskipun harga tes PCR akan turun, eks Wakil Menteri BUMN ini menyebut, harga tes PCR di sini tidak serendah harga tes di India. Namun, harga tes PCR yang baru nanti, tetap masih murah dibanding negara-negara lain.

Baca juga : Kapolres Jakpus: Data Kasus Corona Dinkes Dan Di Lapangan Berbeda

Sebelumnya, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, saat ini tes PCR di Indonesia masih terkendala karena impor. Sementara di India, tes PCR diproduksi dalam negeri.

Tes PCR kita masih impor, termasuk bahan bakunya,” ungkap Siti.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.