Dark/Light Mode

Zero Desa Tertinggal

Jatim Sukses Ciptakan 697 Desa Mandiri, Tertinggi Se-Indonesia

Senin, 23 Agustus 2021 10:11 WIB
Daftar desa mandiri (Foto: Dok. Pemprov Jatim)
Daftar desa mandiri (Foto: Dok. Pemprov Jatim)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerataan pembangunan di Jawa Timur (Jatim) menunjukkan perkembangan positif sampai ke tingkat pedesaan. Hal ini terlihat dari semakin tingginya keberadaan desa dengan status mandiri dan maju serta tidak adanya lagi desa dengan status tertinggal dan sangat tertinggal.

Berdasarkan data Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2021 Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), jumlah desa mandiri dan maju di Jatim tertinggi di antara provinsi lain se Indonesia. Hal tersebut tertuang dalam SK Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan Nomor 398.4.1 Tahun 2021 tentang Status Kemajuan dan Kemandirian Desa yang dirilis 19 Agustus 2021.

Baca juga : Dua Lipa, Posting Makanan Mirip Pastel Bikin Heboh Netizen Indonesia

Data terakhit IDM mencatat, 3.269 desa di Indonesia dinyatakan sebagai desa mandiri. Dari jumlah tersebut, sebanyak 697 desa atau 21,32 persen berada di Jatim. Dengan jumlah ini, Jatim menjadi yang tertinggi. Peringkat kedua ditempati Jawa Barat dengan total 586 desa mandiri. Sedangkan peringkat ketiga diraih Jawa Tengah dengan total 199 desa mandiri. 

Selain itu, desa dengan status maju di Jatim juga tercatat mendominasi secara nasional dengan total 3.283 desa. Angka ini diikuti Jawa Tengah dengan total 2.295 desa maju dan Jawa Barat sebanyak 2.102 desa maju. 

Baca juga : HNW Minta Ormas Islam Lanjutkan Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersyukur karena pembangunan di tingkat pedesaan terus tumbuh baik berdasarkan Indeks Ketahanan Sosial (IKS), Indeks Ketahanan Ekonomi (IKE), dan Indeks Ketahanan Lingkungan (IKL) yang menjadi dasar dalam mengukur IDM. Pembangunan desa tersebut juga mampu berseiring dengan laju penurunan angka kemiskinan di tingkat pedesaan, khususnya pada triwulan II-2021.

“Alhamdulillah, berdasarkan IDM Tahun 2021 yang di rilis Kemendes PDTT, Jawa Timur sudah tidak ada lagi desa tertinggal apalagi desa sangat tertinggal. Yang harus kita syukuri saat ini ada 697 desa mandiri di Jawa Timur, yang merupakan jumlah terbanyak secara nasional,” ujar Khofifah, dalam keterangan yang diterima redaksi, Senin (23/8).

Baca juga : Ditunggu PSSI, Shin Tae Yong Malah Tunda Balik Ke Indonesia

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS), per 21 Juli 2021, tingkat keparahan dan kedalaman kemiskinan di Jatim paling tipis jika dibandingkan provinsi lainnya di Jawa. Sementara itu, kontribusi terbesar angka penurunan kemiskinan di Jatim berada di wilayah pedesaan dengan total penurunan sebanyak 33.246 orang.

“Setiap proses pembangunan yang dilakukan terdapat ikhtiar agar terus menekan angka kemiskinan serta mendorong kesejahteraan masyarakat terus meningkat,” tutur Khofifah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.