Dark/Light Mode

Tingkatkan Kualitas SDM, Bank Mandiri Perkuat Fungsi Corporate University

Rabu, 14 Juli 2021 16:30 WIB
Direktur SDM & Kepatuhan Bank Mandiri Agus Dwi Handaya. (Foto: Bank Mandiri)
Direktur SDM & Kepatuhan Bank Mandiri Agus Dwi Handaya. (Foto: Bank Mandiri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mengantisipasi perkembangan industri perbankan dan keuangan terkini, Bank Mandiri mengoptimalkan keberadaan Corporate University sebagai unit kerja pencipta insan Mandirian dan sumber daya manusia (SDM) di bidang keuangan dengan kualitas terbaik.

Saat ini, unit Corporate University bertanggung jawab atas pengembangan kemampuan dan karakter sekitar 40 ribu pegawai organik Bank Mandiri melalui berbagai rangkaian program training dan pelatihan yang melibatkan tenaga pengajar, baik dari internal maupun eksternal. Termasuk, pengajar tamu dari institusi global.

Tak hanya SDM internal, program pelatihan ini juga dirancang untuk memberi dampak yang signifikasi kepada masyarakat luas. Salah satunya, melalui program Kriya Mandiri, Calon Pemimpin Daerah Khusus, dan Mandiri Sahabatku.

Baca juga : Tekan BOR Rumah Sakit, Jabar Perkuat Strategi Isoman

Menurut Direktur SDM & Kepatuhan Bank Mandiri Agus Dwi Handaya, Corporate University Bank Mandiri melakukan program pengembangan karyawan dan masyarakat umum dengan menerapkan kurikulum pendidikan yang komprehensif, dengan tetap mengintegrasikan muatan lokal.

"Dengan jumlah karyawan tersebut, di mana 70 persen di antaranya adalah generasi milenial, Bank Mandiri harus menjadi organisasi yang dinamis dan inovatif untuk mengadaptasi perubahan yang cepat di industri ini," ujar Agus dalam siaran pers, Rabu (14/7).

Apalagi, saat ini kondisi perekonomian Indonesia yang masih rentan terhadap dampak penyebaran Covid-19. "Di sisi lain, disrupsi akibat revolusi industri 4.0 yang mengutamakan digitalisasi proses semakin terasa pada bisnis perbankan," imbuhnya.

Baca juga : Bank Mandiri Ramal Pertumbuhan Kredit Paling Banter 5 Persen

Selaras dengan visi Corporate University Bank Mandiri, yaitu menjadi center of knowledge and excellence bagi industri finansial dan menghasilkan pemimpin terbaik untuk bangsa, maka menurut Agus, Corporate University memiliki peran krusial dalam mencetak sumber daya manusia yang unggul.

Terutama, top talents yang mampu mengambil peran kepemimpinan di Bank Mandiri maupun di lingkungan BUMN lainnya.

Mandiri University melakukan hal tersebut dengan terus menyelaraskan pembelajaran dengan bisnis, menjadi enabler kapabilitas para pegawai Bank Mandiri dan melakukan inovasi digital pada proses pembelajaran.

Baca juga : Catat! Ini Jam Operasional Bank Mandiri Saat PPKM Darurat

Inovasi digital ini membentuk para Mandirian untuk menjadi pembelajar tangguh yang dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Baru-baru ini, Corporate University Bank Mandiri telah ditunjuk menjadi Ketua BUMN Leadership & Management Institute oleh Kementerian BUMN.

"Dalam konteks ini, kami akan terlibat dalam pengembangan pemimpin bagi seluruh insan BUMN, melalui proses transfer of knowledge yang kami fasilitasi melalui berbagai macam rangkaian inisiatif pembelajaran, seperti Onboarding Program for Commissioners & Directors BUMN," ungkap Agus.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.