Dark/Light Mode

Peluncuran dan Bedah Buku

In Memoriam 113 Tahun Samik Ibrahim

Senin, 23 Agustus 2021 10:30 WIB
Peluncuran dan Bedah Buku In Memoriam 113 Tahun Samik Ibrahim

RM.id  Rakyat Merdeka - Memperingati 113 Tahun Samik Ibrahim, Sabtu (21/8/2021), Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) Press mengusung acara launching dan bedah buku Biografi Samik Ibrahim yang ditulis mantan reporter Rakyat Merdeka, Fikrul Hanif Sufyan.

Acara yang dilaksanakan secara luring terbatas dan daring tersebut dihadiri oleh seratusan peserta. Peserta tidak saja berasal dari beragam unsur, mulai dari Pimpinan Muhammadiyah, Aisyiyah, Nasyiatul Aisyiyah, dan Pemuda Muhammadiyah Sumatera Barat, namun juga berasal dari Dewan Harian Daerah (DHD) Sumatera Barat, Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat (BPNB Sumatera Barat) Padang, Bandung, Majelis Pustaka Informasi (MPI) PP Muhammadiyah dan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Yayasan Abdi Pendidikan.

Baca juga : PPKM Level 4, KAI Belum Izinkan Anak Di Bawah Usia 12 Tahun Naik Kereta

“Samik Ibrahim tidak saja perintis Muhammadiyah, tapi juga seorang saudagar dan pejuang,” kata Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah.

Hal ini dia sampaikan dalam sesi peluncuran dan bedah buku. Mahyeldi berharap, nantinya muncul tokoh-tokoh Muhammadiyah lokal yang inspiratif, dan menjadi acuan untuk generasi muda.

Baca juga : Tuduhan Spionase, China Hukum WN Kanada 11 Tahun Penjara

Samik Ibrahim yang lahir pada 8 Agustus 1908 merupakan putra kelahiran dari Nyiur Gading, Koto Baru Kambang, Kabupaten Pesisir Selatan. Fikrul Hanif dalam bukunya menyebut, Samik Ibrahim adalah sosok yang unik, namun menampilkan banyak warna.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.