Dark/Light Mode

Wantannas Targetkan Vaksinasi Capai 10.000 Dosis Selama 7 Hari

Senin, 23 Agustus 2021 20:42 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat meninjau pelaksanaan Gerakan Vaksinasi Covid-19 Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) di Sentra Vaksinasi Masjid Al-Jabbar, Kota Bandung, Senin (23/8/2021). (Foto: Yogi P/Biro Adpim Jabar)
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat meninjau pelaksanaan Gerakan Vaksinasi Covid-19 Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) di Sentra Vaksinasi Masjid Al-Jabbar, Kota Bandung, Senin (23/8/2021). (Foto: Yogi P/Biro Adpim Jabar)

 Sebelumnya 
Kang Emil mengatakan, Jabar memiliki strategi yang cepat dan tepat sasaran secara proporsional dalam menyuntikkan vaksin sesuai kebutuhan.

“Karena kami punya cara menghabiskan dengan cepat, vaksinasi tadi terbukti hari ini penyuntikan tertinggi ada di Jawa Barat di atas 200.000 dosis per hari,” tuturnya.

Kang Emil pun menyatakan, kolaborasi menjadi faktor penting dalam percepatan vaksinasi Covid-19. Apabila semua pihak terlibat, mulai dari Pemerintah, TNI, Polri, komunitas, perguruan tinggi, sampai masyarakat, kekebalan kelompok di Jabar dapat terbentuk akhir 2021.

Baca juga : Bantu Tangani Pandemi, PBSI Gelar Vaksinasi Dan Bakti Sosial

“Kami infrastruktur hanya sanggup 70 persen. Sisanya perlu bantuan pihak ketiga, seperti institusi negara termasuk Wantannas, lalu TNI, Polri untuk mengisi kekurangan dari yang 30 persen dari kesiapan infrastruktur tersebut,” ucapnya.

“Ini adalah salah satu perwujudannya, bersama Wantannas, TNI, Polri, BUMN-BUMN termasuk Adhi Karya,” imbuhnya.

Sekretaris Jenderal Wantannas RI Laksdya TNI Harjo Susmoro mengatakan, Gerakan Vaksinasi Covid-19 Wantannas RI digelar untuk mempercepat sekaligus mengejar kekebalan kelompok pada Desember 2021.

Baca juga : Gandeng FSPPG, Kemnaker Gelar Vaksinasi Keluarga Pekerja

“Karena kami menyadari Jabar sebagai cover ibu kota yang menjadi tolak ukur nasional. Kalau bisa penanganan di sekitar ibu kota berjalan dengan baik, maka Insya Allah itu akan menjadi kebaikan untuk kita semua,” ucapnya.

Dari capaian lanjut Harjo, rencana Pemerintah 80 persen Desember semua tervaksinasi. Sampai dengan hari ini baru 27 persen. Jadi kita effort-nya cukup besar.

"Jabar secara persentase masih 27 persen, tapi kami tahu bahwa effort Pemerintah Daerah sudah luar biasa,” tambahnya.

Baca juga : Bantu Tangani Pasien Covid, Adaro Sumbang 1.000 Konsentrator Oksigen

Menurut Harjo, pihaknya akan menyampaikan beberapa permasalahan di lapangan, salah satunya terkait dinamika suplai vaksin di Jabar.

“Ada beberapa hal yang perlu kami ketahui itulah sebabnya kami datang agar menepis persoalan-persoalan selama ini. Mengapa? Kami harus melihat langsung. Karena tugas kami di Wantannas memberikan masukan kepada presiden selaku Ketua Wantannas untuk mengambil kebijakan nasional yang berdekatan dengan masalah-masalah secara nasional,” katanya. [DR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.