Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Klaim Bawa Selembar Rambut Nabi Muhammad

Opick Bikin Geger Dunia Maya

Jumat, 10 Mei 2019 11:25 WIB
Opick memamerkan sehelai rambut Nabi Muhammad SAW yang dia peroleh di Turki. (Foto : Istimewa).
Opick memamerkan sehelai rambut Nabi Muhammad SAW yang dia peroleh di Turki. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Penyanyi religi Aunur Rofiq Lil Firdaus alias Opick bikin geger dunia maya. Garagaranya dia mengklaim diamanahkan membawa dan menjaga rambut Nabi Muhammad dari Dewan Ulama Turki. Netizen, banyak yang tak percaya, dan membully Opick.

Cerita ini diutarakan Opick saat menggelar konferensi pers setibanya dari Turki, Selasa (7/5) lalu. “Alhamdulillah hari ini saya kembali ke Jakarta, Dewan Mursyid Thariqah, Dewan Ulama Turki dengan pemerintah Turki mempercayakan, mengamanahkan saya satu lembar rambut Nabi Muhammad. Jadi kalau sebelumnya di broadcast disebut koleksi, ini bukan koleksi, ini amanah," kata Opick di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.
 
Opick kala itu menggelar konfrensi pers di sebuah cafe bandara. Ia menunjukkan sebuah benda yang diyakininya sebagai rambut Rasulullah. Opick begitu terharu saat melihat helai rambut di dalam sebuah tabung kaca. Tabung itu diciumi dengan haru.
 
Didampingi istrinya, Bebi Silviana, Opick meyakini rambut itu milik Baginda Nabi. Ia mengklaim memiliki nasabbiyah (asal-usul) dari rambut tersebut. Karena itu ia telah meminta izin kepada dewan ulama Turki untuk bisa menunjukkannya ke umat muslim di Indonesia setibanya di tanah air.

"Ada nasabbiyah dari Rasulullah sampai kepada Opick, nanti saya tunjukkin, prosesi pemberian rambut ini ketika di majelis di Ankara," ujar Opick. "Yang penting bahwa ada satu bagian dari tubuh Rasulullah yaitu rambutnya yang ada di Indonesia," kata dia.

Masalah rambut nabi ini pun jadi polemik. Banyak yang mencibirnya di dunia maya, Opick tak masalah dirinya dibully. Asalkan, cacian bukan kepada rambut Nabi Muhammad SAW yang diamanahkan kepadanya.

Baca juga : Ketum Seknas Jokowi, Muhammad Yamin Meninggal

"Saya cuma pesen satu, kalau umpamanya ada teman-teman yang harus berkata buruk dengan adanya rambut Nabi di sini, kayaknya ditunjukkan ke saya saja," ujar Opick dilansir dari detikHOT, Kamis (8/5). "Kalau ada tuduhan tidak bagus, caci maki, fitnah atau apa silakan ke saya saja. Jangan ke rambut nabi ini, jangan ke Kanjeng Nabi ini, ke saya saja. Nggak apa-apa," sambungnya.

Rambut Nabi Muhammad itu kini disimpan di Rumah Umat Tombo Ati, Pulo Gebang, Jakarta Timur. Akan ada penjaga dan pembaca Alquran di sekitar rambut itu.

Urusan rambut ini membuat Waketum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Yunahar Ilyas angkat bicara. Yunahar menegaskan peninggalan Rasulullah hanya Alquran dan As-Sunnah. "Yang penting itu bukan rambut atau warisan fisik Nabi, tapi Alquran dan as-Sunnah," ujar Yunahar Ilyas, kemarin.

Yunahar juga mempertanyakan asal usul satu helai rambut nabi yang dibawa Opick. "Pertanyaan pertama apa benar itu rambut Nabi? Kalau benar kok bisa dibawa ke Indonesia? Peninggalan Nabi yang ada di Museum Turki tentu tidak bisa dibawa keluar. Kalaupun iya, apa gunanya dibawa ke Indonesia?" ujarnya.

Baca juga : Hina Islam Dan Nabi Muhammad Di FB, Pria Malaysia Dibui 10 Tahun

Di dunia maya, urusan rambut ini membuat Opick dibully. Komentar miring menghujani pelantun Tombo Ati itu. “Mosok rambut Nabi bisa di bawa kemana-mana?,” cuit @CobainSalju. “Lha emang Opick siapa ya. Kok bisa pemerintah Turki berikan 1 helai rambut Nabi kepadanya,” timpal @Yopiluthfi1.

Prosesi haru saat diperlihatkan rambut itu beredar di dunia maya. Banyak yang mengkritiknya. “Iman itu artinya, belum pernah dites DNA, belum ada riset mendalam, belum tentu rambut Nabi.... tapi udah terharu duluan,” cuit @DeadlockHeaven. “Liat rambut Nabi ditangisi tapi liat umat Nabi yang berbeda paham sama mereka dimusuhi,” cuit @BacotWarganet.

Ada yang mencoba menjelaskan secara mendalam kalau itu bukan rambut Nabi. “Di sirat Ibnu Ishaq, tapi dihapus oleh Ibnu Hisham. Nabi dimandikan tanpa dilepas bajunya, dikafani 3 lapis, dimakamkan di bawah ranjang. Aisyah :"Seandainya aku tahu sebelumnya, pasti cuma para istrinya yang boleh memandikannya"... lanjutan DISENSOR {Tak ada riwayat ada yang ambil rambut},” tulis @Sentjoko.

Akun @pandilrufby bercerita tentang pengalamannya mampir ke Museum di Turki. “Benar/tidaknya kabar yang berhembus di dunia entertain tentang rambut nabi Muhammad yang dibawa oleh salah satu penyanyi religi. Setau saya, saat saya mengunjungi salah satu museum di Turki yang bernama Topkapi. Di sana sangat mengagungkan atau menyimpan sakral mulai dari pedang,” cuitnya.

Baca juga : Jelang Imlek, Arus Mudik Terbesar Dunia Dimulai

Banyak yang menyarankan jangan membuat persoalan rambut itu menuju kemusyrikan. “Sehelai rambut, dapat digunakan untuk melakukan identifikasi DNA orang yang dianggap spesial. Demi mengetahui segmen genetik bagaimana yang membuatnya istimewa, dan bila perlu dibangkitkan kembali. Jangan jadikan rambut sebagai berhala...” cuit @katakitatweet. “Yang diikuti itu ajarannya bukan rambutnya.... Bisa mengarah ke musyrik itu...” timpal @Jack0295893238. [BSH/NET]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.