Dark/Light Mode

Meski Sudah Sembuh Dari Covid-19, Tetap Perhatikan 3 Hal Ini Ya

Kamis, 26 Agustus 2021 13:08 WIB
Penyerahan bantuan BRANDS untuk RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet (Foto: PT Brands Suntory Indonesia)
Penyerahan bantuan BRANDS untuk RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet (Foto: PT Brands Suntory Indonesia)

 Sebelumnya 
Penyintas Covid-19 tetap harus memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas atau aktivitas di luar rumah. Studi menyebutkan, penyintas yang telah mendapatkan vaksin memiliki kemungkinan reinfeksi lebih rendah daripada mereka yang tidak. 

Ketiga, tingkatkan imunitas dan konsumsi makanan bergizi. Covid-19 sejatinya dapat ditangkal atau disembuhkan dengan sendirinya asal tubuh memiliki sistem imun kuat. Salah satu aspek penting yang harus diperhatikan untuk menjaga kekuatan imun adalah asupan nutrisi yang cukup, khususnya protein. 

Baca juga : Pelni Sediakan Fasilitas Isolasi Covid-19 Terapung Di Medan

“Protein merupakan salah satu zat gizi makro yang menjadi sumber pembentukan sel imun dan antibodi dalam tubuh. Protein memastikan bahwa sistem imun dapat bekerja dengan baik. Setidaknya, penyintas Covid-19 disarankan untuk memakan tiga porsi protein sehari. Jika masyarakat tidak yakin apakah asupan protein harian yang dikonsumsi mencukupi, konsumsi suplemen makanan kaya protein dan asam amino sebagai tambahan,” terang dr. Irwan.

Salah satu suplemen makanan kaya protein yang dapat menjadi pilihan adalah saripati ayam yang mengandung bio amino peptida. Secara klinis, kandungan protein dan bio amino peptida pada saripati ayam terbukti membantu meningkatkan imunitas tubuh. 

Baca juga : Kegiatan Bakal Dibuka Perlahan

“Berbagai jurnal penelitian internasional juga menyebutkan pentingnya protein dalam meningkatkan imunitas tubuh. Bahkan, salah satu penelitian yang dimuat di laman resmi FAO, badan pangan PBB, menunjukkan bahwa saripati ayam juga membantu mengurangi kelelahan fisik dan mental. Selain itu, penelitian dari Cambridge menunjukkan kekurangan protein dan bio amino peptida akan menurunkan fungsi imunitas tubuh dan membuat tubuh lebih mudah terinfeksi penyakit,” jelas General Manager PT Brands Suntory Indonesia, Agus Setio Joewono. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.