Dark/Light Mode

PAN Masuk Koalisi

Para Menteri Dag-dig-dug

Kamis, 2 September 2021 07:40 WIB
Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan saat membuka Rakernas PAN II di Rumah PAN, Warung Buncit Raya, Jakarta, Selasa (31/8/2021) . (Foto: Sophan Wahyudi/RM)
Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan saat membuka Rakernas PAN II di Rumah PAN, Warung Buncit Raya, Jakarta, Selasa (31/8/2021) . (Foto: Sophan Wahyudi/RM)

 Sebelumnya 
Melihat hal ini, pakar komunikasi politik Lely Arrianie memprediksi, cepat atau lambat akan ada reshuffle. “Sebab, tidak mungkin PAN datang memberi dukungan tanpa ada deal-deal politik,” ucapnya, tadi malam.

Mengenai waktu reshuffle-nya. Lely tak bisa memprediksi. Yang jelas, saat waktunya tiba, kemungkinan PAN dapat jatah menteri sangat besar. “Kalau ada reshuffle, peluang PAN mendapat menteri pasti ada,” ucapnya.

Baca juga : Keputusan Resmi Rakernas, PAN Gabung Koalisi Pemerintah

Lalu, siapa yang bakal kena reshuffle? Pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah Adi Prayitno menyatakan, kemungkinan besar menteri yang tidak punya dukungan politik. Dengan masuknya PAN ini, menteri-menteri tersebut pantas waswas.

Sedangkan untuk menteri-menteri dari parpol, kemungkinan akan aman. Atau paling tidak, jatah setiap parpol akan aman. Tidak akan terambil oleh PAN, yang menjadi anggota koalisi baru.

Baca juga : DPD Minta, Reshuffle Didasari Kegagalan Menteri Atasi Pandemi

Adi menyebut, amannya jatah menteri parpol itu bisa dilihat dari hangatnya anggota koalisi saat menyambut PAN gabung.

“Nggak mungkin hangat parpol menyambut PAN kalau kepentingan mereka diganggu,” katanya, dalam perbincangan dengan Rakyat Merdeka, tadi malam. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.