Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Keluar Rumah, Lakukan Skrining Mandiri

Minggu, 5 September 2021 09:54 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 dr Reisa Broto Asmoro (Foto: Istimewa)
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 dr Reisa Broto Asmoro (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 dr Reisa Broto Asmoro mengingatkan masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi. Selain untuk melindungi kesehatan sendiri, vaksinasi juga melindungi orang di sekitar dari bahaya Covid-19. 

“Segeralah divaksin dan dapatkan perlindungan. Serta dapatkan kemudahan mengakses fasilitas umum, termasuk mall,” ujar Reisa, saat konferensi pers virtual, kemarin. 

Aktivitas sosial dan ekonomi secara bertahap sudah kembali dibuka, seiring perbaikan kondisi pandemi Covid-19. Menurutnya, skrining pribadi tak kalah penting untuk dilakukan sebelum keluar rumah. Skrining ini bisa dilakukan dengan mengecek suhu tubuh dan memastikan tidak sedang sakit. 

Baca juga : Jelang PON Papua, KONI DKI Pastikan Seluruh Kontingen Siap Tanding

Jangan lupa, mengenakan masker atau masker dobel untuk efektivitas lebih optimal. Selain itu, bila memungkinka, masyarakat perlu membawa pencuci tangan, masker cadangan, dan disinfektan pribadi. 

Pada saat berakhir pekan di pusat perbelanjaan, runner up Puteri Indonesia 2010 ini juga mengimbau masyarakat untuk tidak berkerumun dan tidak berlama-lama. Ia juga mengingatkan agar masyarakat memperbanyak berada di ruang dengan ventilasi yang baik, memastikan masker dipakai dengan benar, serta menyiapkan aplikasi PeduliLindungi untuk masuk lokasi. 

Jika memang terpaksai bepergian, Reisa menganjurkan memilih yang berlokasi dekat, sehingga tidak terlalu lama dalam perjalanan. Sebab, hal itu akan meningkatkan risiko lelah dan membuat lengah dalam menerapkan protokol kesehatan. 

Baca juga : Legislator Geram, Banyak Halte Angkutan Di Bandung Mangkrak

“Masyarakat harus membiasakan diri mengikuti norma baru di ruang publik, atau yang dikenal dengan istilah adaptasi kebiasaan baru. Gencarkan vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan,” tegasnya. 

Dikatakan Reisa, sampai akhir Agustus 2021, Indonesia telah mengamankan stok vaksin di atas 218 juta dosis dalam bentuk bahan baku maupun vaksin jadi. Sepanjang delapan bulan pertama tahun ini, Bio Farma telah mengirimkan 129.891.072 dosis vaksin ke seluruh Indonesia. Hingga saat ini, lebih dari 65 juta orang Indonesia telah mendapatkan vaksin dosis pertama, dan sekitar setengahnya sudah divaksin lengkap. 

“Pastikan kita dan keluarga segera tervaksin dengan lengkap,” imbau pemilik nama lengkap Raden Kanjeng Mas Ayu Tumenggung Reisa Kartikasari Broto Asmoro ini. Hal tersebut tidak hanya berfungsi untuk melindungi kesehatan pribadi, tetapi juga untuk melindungi keamanan orang lain yang berpapasan dengan kita, terutama di ruang publik. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.