Dark/Light Mode

Gandeng BMKG

ITDC Pasang Alat Deteksi Tsunami Di Pulau Dewata

Rabu, 8 September 2021 08:40 WIB
ITDC bekerja sama dengan BMKG Pusat mengaktifkan Warning Receiver System (WRS) di Kawasan Pariwisata The Nusa Dua Bali. (Foto: ITDC).
ITDC bekerja sama dengan BMKG Pusat mengaktifkan Warning Receiver System (WRS) di Kawasan Pariwisata The Nusa Dua Bali. (Foto: ITDC).

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia Tourism Develop­ment Corporation (ITDC), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang pariwisata, menggandeng Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat untuk mengaktifkan Warning Re­ceiver System (WRS) di Kawasan Pariwisata The Nusa Dua Bali.

WRS merupakan alat komu­nikasi penyebarluasan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami. Alat ini ditempatkan di Command Centre The Nusa Dua yang berlokasi di dalam kawasan dan beroperasi secara otomatis se­lama 24 jam, tujuh hari per minggu.

Baca juga : Kegiatan Mau Dilonggarin, Syaratnya Sudah Divaksin

WRS yang dipasang dan diaktifkan di The Nusa Dua, adalah generasi terbaru dengan nama WRS New Generation (WRS NewGen). Alat ini mam­pu melakukan penyebarluasan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami lebih cepat, karena bersifat real time otomatis dari BMKG.

“Dengan WRS NewGen, pe­nyebarluasan informasi akan memakan waktu kurang dari tiga menit setelah gempa bumi berlangsung,” ujar Managing Director The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita dalam keterangan resmi, kemarin.

Baca juga : Kamera 70mai Dash Cam M300, Mampu Deteksi Getaran Dan Tabrakan

Kemampuan tersebut dapat membantu pengelola kawasan, tenant, dan seluruh stakeholder di dalam kawasan. Dan, mem­berikan respons yang lebih cepat dalam melakukan evakuasi dan langkah-langkah penanganan bencana lainnya.

“Pemasangan WRS NewGen ini akan memperkuat upaya mitigasi kesiapsiagaan bencana di kawasan yang kami kelola,” ucap Ardita.

Baca juga : Gandeng Poros Muda Indonesia, Polri Gelar Vaksinasi Di Universitas Jakarta

Aktivasi WRS di The Nusa Dua dimulai sejak 2 September 2021. Aktivasi dilakukan ber­samaan dengan kegiatan sosial­isasi, mengenai fungsi dan operasionalisasi alat oleh tim dari BMKG Regional III Denpasar kepada tim SSFB (Safety, Se­curity and Fire Brigade) ITDC, sebagai penanggung jawab harian operasi dan monitoring alat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.