Dark/Light Mode

Cerita Tentang Pengalaman Militer

Prabowo Idolakan Mertua SBY

Senin, 13 September 2021 13:20 WIB
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. (Foto: Antara)
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sosok Letnan Jenderal TNI Sarwo Edhie Wibowo sudah tidak asing lagi di dunia kemiliteran Indonesia. Bahkan, tak berlebihan rasanya menyebutnya sebagai salah satu legenda militer di Tanah Air.

Sarwo Edhie Wibowo merupakan Komandan Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD) yang kini dikenal dengan Komandan Pasukan Khusus (Kopassus).

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto ternyata memiliki banyak kisah mengenai sosok tegas nan garang itu.

Baca juga : Persiapan ANBK, Peningkatan Literasi Digital Peserta Didik Mendesak

Cerita itu digambarkan Prabowo dalam buku Kepemimpinan Militer, Catatan Dari Pengalaman.

Prabowo menuturkan, ia kenal pertama kali dengan Sarwo Edhie saat masih menjadi Taruna. Waktu itu, Sarwo Edhie belum menjabat jadi Gubernur Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia/Akabri (sekarang Akademi Militer).

"Saat itu nama beliau sudah sangat terkenal," ungkap Prabowo.

Baca juga : Hadapi Tantangan Hingga Akhir Tahun, Bos BRI Siapkan Dua Strategi

Jauh sebelum itu, Prabowo mengaku sudah sering mendengar cerita kehebatan Sarwo Edhi dari ayahnya, Soemitro Djodjohadikoesoemo.

"Sebelum saya formal menjadi anak buahnya Pak Sarwo Edhie, saya pun sudah banyak dengar cerita-cerita tentang Pak Sarwo dari orangtua saya. Bagaimana Pak Sarwo memimpin RPKAD pada saat-saat kritis Oktober 1965," imbuhnya.

Prabowo menilai, Sarwo Edhie sosok yang karismatik, gagah, ganteng, dan selalu berpakaian rapi. Beliau juga terkenal sebagai pemimpin yang berada di garda depan dalam memimpin operasi.

Baca juga : Elektabilitas Prabowo Makin Mengkilap

"Sebagai komandan RPKAD, ia masih terjun sehingga ia juga menjadi idola mahasiswa, anak muda, dan idola kami perwira-perwira dan taruna-taruna muda,” ungkapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.