Dark/Light Mode

Persiapan ANBK, Peningkatan Literasi Digital Peserta Didik Mendesak

Jumat, 10 September 2021 07:55 WIB
Webinar Digital Society dengan tema Serentak Bergerak: Mempersiapkan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) melalui Literasi Digital, Kamis (9/9). (Foto: Kominfo)
Webinar Digital Society dengan tema Serentak Bergerak: Mempersiapkan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) melalui Literasi Digital, Kamis (9/9). (Foto: Kominfo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) tidak terelakkan, termasuk di sektor pendidikan. Merespons hal tersebut, peningkatan kemampuan literasi digital peserta didik menjadi sangat mendesak. Apalagi peserta didik juga akan menghadapi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

Guna mendukung penyiapan dan edukasi peserta didik mengenai ANBK, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi, dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristekdikti) menyelenggarakan Webinar Digital Society dengan tema “Serentak Bergerak: Mempersiapkan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) melalui Literasi Digital”, Kamis (9/9). Acara ini diselenggarakan melalui aplikasi Zoom, serta disiarkan secara live streaming melalui kanal YouTube Siberkreasi, Kemenkominfo TV, Direktorat Sekolah Dasar, Pendidikan.id, dan juga Facebook Page Siberkreasi.

Narasumber yang hadir dalam acara ini antara lain Peneliti Pusat Asesmen Pendidikan Kemendikbudristekdikti Rahmawati, Statistisi Ahli Madya Koordinator Data dan Statistik Pendidikan L Manik Mustikohendro, dan Koordinator Kerja Sama Internasional Universitas Gunadarma I Made Wiryana. Hadir pula Direktur Sekolah Dasar Kemendikbudristekdikti Sri Wahyuningsih dan Dirjen Aptika Kemenkominfo Semuel A Pangerapan sebagai keynote speaker.

Pada sambutannya, Sri menyampaikan bahwa akrab dengan digital adalah sebuah hal penting. Makanya, digitalisasi sekolah menjadi sebuah keharusan sebagai upaya untuk mengakselerasi dan transformasi kemudahan informasi yang dapat diakses melalui ruang digital.

“Tentunya ini menjadi kewajiban kita semua untuk mendorong Merdeka Belajar, mempersiapkan kawan-kawan guru untuk dapat mendukung kegiatan belajar mengajar yang baik serta banyak dibutuhkannya informasi. Semua ini dapat di akses di ruang digital,” ungkap Sri.

Sri menambahkan, Kemendikbudristekdikti telah mempersiapkan platform rumah belajar. Namun, dari semua itu, yang terpenting adalah sekolah dapat menguasai dan guru dapat meningkatkan kompetensi terhadap digitalisasi sekolah serta siap beradaptasi dengan kemampuan digital.

Sedangkan Semuel menyampaikan, salah satu pilar penting dalam mendukung terwujudnya agenda transformasi digital adalah menciptakan masyarakat digital, yang kemampuan literasi digital masyarakat memegang peranan penting di dalamnya.

“Dalam menghadapi perkembangan teknologi yang sangat cepat, literasi digital merupakan kunci dan pondasi utama yang harus kita semua miliki. Pemerintah akan terus melakukan upaya meningkatkan literasi digital masyarakat lewat berbagai macam inisiatif kegiatan,” ucapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.