Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kemenko Perekonomian Kembali Raih WTP 10 Kali Berturut-turut

Selasa, 14 September 2021 23:30 WIB
Kemenko Perekonomian Kembali Raih WTP 10 Kali Berturut-turut

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), atas Laporan Keuangan tahun 2020. WTP ini merupakan capaian ke 10 secara berturut-turut sejak tahun 2011. 

Dengan keberhasilan ini, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian juga mendapatkan penghargaan dari Menteri Keuangan dalam kategori WTP Minimal 10x berturut-turut yang disampaikan dalam Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah yang dihadiri oleh Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso secara virtual, Selasa (14/9). 

Baca juga : Keren! Kemendes PDTT Raih WTP 5 Kali Beruntun

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto berharap agar seluruh jajaran Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian tidak hanya berlomba mengejar opini WTP, tetapi juga harus bekerja keras dalam meningkatkan praktik tata kelola Pemerintah yang baik (good governance). 

Pada kesempatan penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) tersebut, Airlangga menyampaikan, bahwa ruang untuk perbaikan dan pengendalian internal tetap harus diidentifikasi dan terus dilakukan perbaikan berkesinambungan. 

Baca juga : Moeldoko Minta Penyelesaian Konflik Agraria Tanah PTPN Dikebut

“Harus berkomitmen untuk menindaklanjuti seluruh rekomendasi BPK yang disampaikan dalam LHP, sesuai rencana aksi dan tenggat waktu yang telah disepakati, serta menyampaikan monitoring tindak lanjutnya secara periodik,” jelasnya. 

Dalam sambuatnnya, Menko Airlangga juga menyampaikan sesuai arahan Presiden Jokowi, di masa pandemi ini perlu bekerja cepat, memperkuat sinergi dan kolaborasi, checks and balances, saling bekerja sama dan koreksi, agar semua kebijakan dan program berjalan efektif, masyarakat mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya, dan bangsa kita bisa segera bangkit dari pandemi ini. 

Baca juga : DPR Nggak Enak Hati Ngeburu-buru Jokowi

Atas pencapaian tersebut, Airlangga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada BPK yang telah melaksanakan pemeriksaan dengan sebaik baiknya dan memberikan kesempatan untuk berkoordinasi secara intensif dalam pemeriksaan pengelolaan keuangan negara di Kemenko Perekonomian, serta kepada jajaran Kemenko Perekonomian yang telah bekerja keras mewujudkan hal tersebut.

Opini WTP merupakan sebuah standar wajib yang harus dipertahankan. Hal ini yang mampu mendorong perbaikan kinerja secara terus menerus, mendorong pengembangan Sistem Pengendalian Internal yang memadai, serta penerapan Governance, Risk and Compliance (GRC) di lingkungan Kemenko Perekonomian.  [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.