Dark/Light Mode

KMP Pengayoman Tenggelam Di Nusakambangan

Jumat, 17 September 2021 12:23 WIB
Lapas Nusakambangan. (Foto: Ist)
Lapas Nusakambangan. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabag Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Rika Aprianti membenarkan adanya kecelakaan Kapal Motor Penumpang (KMP) Pengayoman di perairan Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (17/9).

"Terkait informasi beredar bahwa kapal Pengayoman IV tenggelam di Nusakambangan, adalah benar," ujar Rika, saat dihubungi, Jumat (16/9).

Baca juga : KKP Cegah Alat Tangkap Ikan Ilegal

Rika menuturkan kronologi kecelakaan KMP Pengayoman tersebut. Sekitar pukul 09.00 WIB, kapal pengayoman IV berangkat dari dermaga Wijayapura menuju dermaga Sodong mengangkut dua truk proyek dan beberapa petugas.

Ketika berada di tengah perjalanan, lanjut Rika, kapal mulai oleng lantaran diterpa angin kencang dan ombak yang besar dan kuat. "Kapal pengayoman tenggelam dan terbawa arus menuju ke tengah selat," tuturnya.

Baca juga : 44 Napi Tewas, Menkumham Tidak Bisa Lepas Tangan

Dua orang meninggal dunia akibat kecelakaan tersebut. Keduanya adalah petugas lembaga pemasyarakatan (Lapas) Nusakambangan dan pekerja proyek.

Saat ini, Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan tengah menuju Nusakambangan untuk melakukan koordinasi dan memonitor pelaksanaan penanganan dengan Kepala Kantor Wilayah Jawa Tengah.

Baca juga : Kapolri: Penurunan Level PPKM Di NTB Harus Diimbangi Prokes Ketat!

"Sesuai dengan laporan awal Kalapas 1 Batu NK, langkah-langkah yang telah diambil sebagai berikut, mengerahkan kapal pengayoman dan compreng untuk membantu evakuasi, berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk membantu evakuasi dan pertolongan," tandas Rika. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.