Dark/Light Mode

Satgas Sekolah, Awasi PTM Dengan Benar!

Minggu, 19 September 2021 08:00 WIB
Antisipasi yang harus dilakukan, bila ditemukan kasus Covid-19 di sekolah. Ada 7 langkah yang dapat dilakukan. (Foto: Parentingindonesia).
Antisipasi yang harus dilakukan, bila ditemukan kasus Covid-19 di sekolah. Ada 7 langkah yang dapat dilakukan. (Foto: Parentingindonesia).

 Sebelumnya 
Menurut @Saylocho, penanganan kasus positif Covid-19 di sekolah sangat gampang. Yaitu dengan melakukan isolasi mandiri (iso­man) selama dua minggu dan minum obat serta vitamin.

“Kembalikan imunnya supaya kuat dan sehat lagi biar bisa aktivitas seperti biasa. Bahkan, kalau orang tanpa gejala (OTG)/gejala ringan, gampang menanganinya,” kata @Saylocho.

Baca juga : Petani Diminta Bisa Beradaptasi Dengan Perubahan Iklim

Prof Zubairi Djoerban dalam akun @ProfesorZubairi menyebut, ada dua cara un­tuk melindungi anak-anak di bawah usia 12. Pertama, tetap sekolah di rumah atau sekolah tatap muka dengan pakai masker dan tetap jaga jarak.

Kedua, hal terbaik yang bisa dilakukan sekolah adalah mengawasi anak-anak peserta didik dengan detail. Mulai dari kedatangan, di dalam kelas ketika proses belajar mengajar, waktu pulang dan penjemputan anak-anak peserta didik. “Jangan sampai kecolongan,” wanti-wantinya.

Baca juga : Memiliki Kesamaan, Ariston Berkolaborasi Dengan Juventus

“Alhamdulillah, anak-anak sudah terbiasa dengan masker apabila terpaksa harus keluar rumah, termasuk di sekolah,” ungkap @lina­parlina2002.

Menurut @muslimah, dengan fakta adanya sejumlah sekolah di sejumlah daerah yang memunculkan klaster Covid, pertanda PTM belum siap. Dia mengingatkan masyarakat bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir.

Baca juga : Pertamina Patra Niaga Sebut Solar Industri Dijual Dengan Skema B2B

“Anak-anak di sekolah susah diminta prokes, hanya diminta pakai masker pun berbagai alasan dikemukakan,” ujar @Sakkare1117.

Sebaiknya, kata @wongsumut, Pemerintah tidak perlu terburu-buru membuat kebijakan sekolah tatap muka dulu. Mestinya, kata dia, Pemerintah perlu mempertimbangkan penularan Covid-19 ini terus turun hingga titik terendah. “Syukur-syukur sampai tidak ada lagi penularan (Covid),” kata @wongsumut. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.