Dark/Light Mode

Diungkapkan Saksi Di Persidangan

Eks Penyidik KPK Panggil Azis Syamsuddin Bapak Asuh

Senin, 20 September 2021 16:20 WIB
Stepanus Robin Pattuju (kanan) dan Maskur Husain. (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)
Stepanus Robin Pattuju (kanan) dan Maskur Husain. (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Stepanus Robin Pattuju menganggap Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin sebagai bapak asuh. Hal itu disampaikan saksi Agus Susanto, dalam sidang perkara suap yang menjerat Robin, di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (30/9).

Agus, yang mengaku sebagai mantan anggota kepolisian di Polda Riau, mengaku sering mengantarnya ke sejumlah tempat. "Ke rumah kediaman dari bapak asuh beliau dan ke Lapas Tangerang," ujar Agus.

Mendengarnya, jaksa kemudian menanyakan soal bapak asuh yang dimaksud Agus. "Pak Azis Syamsuddin," jawab Agus.

Baca juga : KPK Panggil 3 Eks Anggota DPRD Mimika

Dia menyatakan, Robin sering bertemu Azis di rumah dinasnya, Jl. Denpasar, Jakarta Selatan. "Lebih dari 5 kali," imbuhnya.

Agus kemudian melanjutkan ceritanya soal ke mana saja dia pernah mengantarkan Robin, yang tadi terpotong lantaran "bapak asuh".

Dia mengaku mengatakan pernah mengantarkan Robin ke Lapas Sukamiskin bertemu seseorang bernama Rahardian sebanyak tiga kali. Kemudian dia mengaku mengantarkan AKP Robin bertemu dengan Rita Widyasari.

Baca juga : Eks Penyidik KPK Ngaku Terima Duit Dari Sejumlah Pihak, Kecuali Azis Syamsuddin

"Ke Lapas Tangerang, lapas perempuan, lebih dari tiga kali menemui seorang perempuan, sepengetahuan saya bu Rita Widyasari," ungkap Agus.

Lalu, dia juga pernah mengantar Robin bertemu dengan eks Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna di dekat kantor KPK, dan Usman Effendi, di Bogor.

Agus juga mengaku tahu perkara apa saja yang diurus Robin. Agus mengaku tahu perkara ini dari percakapan antara AKP Robin dan kawannya, advokat Maskur Husain, yang dia dengar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.