Dark/Light Mode

Prambanan dan Borobudur Dibuka

Jumlah Pengunjung Candi Dibatasi 7.500 Orang

Senin, 20 September 2021 17:36 WIB
Ilustrasi (Foto: Ist)
Ilustrasi (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Taman Wisata Candi (PT TWC) Borobudur, Prambanan, & Ratu Boko (Persero) melakukan uji coba pembukaan tempat wisata Candi Borobudur dan Prambanan, Jawa Tengah.

Pembukaan itu diiringi dengan penggunaan aplikasi PeduliLindungi sejak Jumat (17/9). Kegiatan itu diikuti oleh sejumlah stakeholders seperti Pemprov Jateng dan DIY, pemda, dan satgas kabupaten serta beberapa elemen pariwisata yang ada di kawasan.

Uji coba ini menyusul terpilihnya dua destinasi yang dikelola PT TWC sebagai tempat wisata yang diizinkan buka dengan protokol kesehatan (prokes) ketat yang ditetapkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Baca juga : Bioskop Mau Dibuka Di Wilayah Level 3 Dan 2, Kapasitasnya 50 Persen

"Untuk Borobudur dan Prambanan kami menetapkan kuota maksimal sejumlah 7.500 orang di dalam kawasan. Angka ini termaksud wisatawan, pegawai, pedagang, serta tamu," kata Direktur Utama PT TWC Edy Setijono dilansir laman resmi Kementerian BUMN, Senin (20/9).

Dalam aturan protokol kesehatan yang baru, PT TWC juga menerapkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi bagi karyawan di TWC Borobudur maupun Prambanan. Bagi wisatawan, diberlakukan aturan yaitu telah divaksinasi minimal tahap pertama, suhu tubuh di bawah 37,3 derajat celsius, serta melakukan aktivasi check-in di aplikasi PeduliLindungi.

Untuk meminimalisasi penumpukan saat melakukan skrining PeduliLindungi, sejumlah signage kode batang (QR Code) dipasang pengelola untuk mengarahkan pengunjung. Sementara bagi para pelaku wisata yang beraktivitas di dalam kawasan, scan barcode bisa dilakukan di sejumlah titik yang telah ditentukan.

Baca juga : Jelang Dibuka, Ancol Wajibkan Pengunjung Tunjukan Sudah Vaksin

"Tujuan utamanya bukan mendapatkan pengunjung sebanyak-banyaknya, tetapi memastikan protokol kesehatan ditaati dengan ketegasan dari pengelola," tegas Edy.

Di TWC Borobudur, penempatan QR code diletakkan di sejumlah titik, antara lain Kantor Unit Borobudur, Pendopo Manohara Resto, dan Kantor Unit Pertamanan. Bagi pedagang, dibagi di dua area, yaitu pintu tiga untuk pedagang area luar serta area pintu lima untuk pedagang di kawasan SKMB.

Di kawasan TWC Prambanan, sejumlah titik ditempatkan QR code PeduliLindungi, seperti Kantor Unit Prambanan, Pos B bagi kunjungan tamu, Pos CO bagi pegawai BPCB Jateng dan DIY l, pintu masuk pedagang, serta area Prambanan resto.

Baca juga : Penanganan Hutan Adat Dan Limbah Industri Danau Toba Alami Kemajuan

Selain itu, untuk mewujudkan safe destination, PT TWC menghimbau wisatawan agar melakukan reservasi online melalui kanal website resmi atau platform e-commerce lain seperti Traveloka, Tokopedia, GlobalTix, dan lainnya. [EFI]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.