Dark/Light Mode

Ustad Ditembak, Ustad Diserang

Fadli Ingat Teror  PKI Jelang G30S

Selasa, 21 September 2021 07:30 WIB
Politisi Partai Gerindra, Fadli Zon. (Foto: Twitter @fadlizon)
Politisi Partai Gerindra, Fadli Zon. (Foto: Twitter @fadlizon)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sehari setelah seorang ustad ditembak hingga meninggal, di Tangerang, Banten, kemarin, seorang ustad di Batam, Kepulauan Riau, diserang saat lagi ceramah. Menyikapi hal ini, politisi Partai Gerindra, Fadli Zon teringat teror yang sama yang dilakukan PKI jelang peristiwa G30S.

Kasus tewasnya Ustad Alex di Tangerang, Banten, belum terungkap motifnya. Pihak kepolisian, hingga kemarin, masih mencari siapa pelaku penembakan terhadap Ustad Alex.

Belum tuntas pengungkapan penembakan ustad Alex, muncul lagi peristiwa penyeragan terhadap ulama. Kali ini, menimpa Abu Syahid Chaniago, saat sedang mengisi ceramah di Masjid Baitusysyakur, Jodoh, Batam, kemarin siang.

Baca juga : Petani Diminta Bisa Beradaptasi Dengan Perubahan Iklim

Peristiwa terjadi sekitar pukul 11.00 WIB, saat Abu Syahid sedang mengisi ceramah di depan jamaah yang mayoritas ibu-ibu. Tiba-tiba, pria tak dikenal berlari menyerang sang ustad dari arah kanan.

Melihat aksi pria yang mengenakan baju kotak-kotak tersebut, sang ustad langsung gerak cepat menjauh. Namun, ia terus dikejar dan pria tak dikenal itu, melayangkan pukulan.

Kegaduhan sempat terjadi di dalam masjid. Beruntung, jamaah berhasil mengamankan pria tersebut. Ia bahkan mendapat sejumlah pukulan dari para ibu-ibu. Video penyerangan itu, viral di media sosial.

Baca juga : Cetak Rekor, Pilot Asal Italia Terbangkan Pesawat Lewat Terowongan

Sebelum bertambah parah, pelaku penyerangan kemudian diamankan oleh petugas keamanan masjid. Untuk sementara, pelaku ditahan di Markas Polsek Batuampar, Batam. Namun, identitas pelaku, hingga kemarin, masih belum terungkap.

Dalam video yang beredar, pelaku penyerangan yang sedang digiring pihak kepolisian, terang-terangan mengaku komunis. “Saya komunis,” tegas pelaku saat digiring polisi menuju ruang pemeriksaan, kemarin.

Selain dua kejadian itu, ada 1 lagi peristiwa penyerangan terhadap pemuka agama yang terjadi di bulan September. Yakni, peristiwa yang terjadi Senin (6/9) di Cilegon, Banten. Ustaz Idris diserang saat sedang mengimami shalat Maghrib di Masjid Nurul Ikhlas.

Baca juga : Berkas Dilimpahkan, Eks Bupati Talaud Segera Disidang Di Pengadilan Tipikor Manado

Tahun lalu, penyerangan ustad juga terjadi di bulan September. Korbannya, yang paling segar diingatan adalah almarhum ustad Syekh Ali Jaber. Pendakwah yang pernah menjadi imam Masjidil Haram ini, ditusuk saat sedang ceramah di Lampung. Tepatnya 14 September 2020. Pisau tertancap di tangannya, hingga patah. Ia kemudian menarik sendiri patahan pisau tersebut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.