Dark/Light Mode

Resep Dr Andani Lawan Corona

Kuncinya Vitamin G (Gembira, Gembira)

Rabu, 29 September 2021 08:57 WIB
Tenaga Ahli Menteri Kesehatan, dr Andani Eka Putra (Foto: Tangkapan layar)
Tenaga Ahli Menteri Kesehatan, dr Andani Eka Putra (Foto: Tangkapan layar)

 Sebelumnya 
Dalam analisisnya, varian Delta sudah mendarat di Jakarta sekitar Mei 2021. Lalu, di Juni, hampir 100 persen warga ibu kota yang positif Covid-19, terinfeksi varian Delta.

Baca juga : Waspadai Varian Corona Selain Delta, WGS Kudu Ditingkatkan

"Saya (menganalisis) di Sumatera Barat, di Juni itu, 57 persen (terinfeksi) Delta. Di bulan Juli, Delta itu sudah 97 persen," beber Kepala Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Universitas Andalas (Unand) ini.
 
Karena banyak yang terpapar, maka terbentuklah kekebalan komunal atau herd immunity. Dengan kondisi tersebut, saat ini Indonesia mampu menjinakkan Corona. "Kalau saya istilahkan, herd immunity varian. Jadi, herd immunity hanya untuk Delta saja," terangnya.
 
Ia menambahkan, varian Delta memang dikenal cepat dalam penularan. Paling infeksius. Tapi, varian ini tidak terlalu fatal. 
 
Soal angka kematian di Indonesia tinggi pada Juli dan Agustus, dia menyebut, bukan karena varian Deltanya. Tapi lebih karena daya tampung rumah sakit terbatas. Sehingga banyak yang tidak tertangani. Akibatnya, pasien dengan gejala sedang menjadi berat hingga meninggal dunia karena terlambat atau tidak mendapatkan oksigen. 
 
"Saya lihat, polanya seperti itu. Kematian itu lebih kepada penanganan awalnya, oksigen dan pertolongan lainnya tidak berjalan optimal," tutur sosok yang pernah dijuluki sebagai Patriot Militan di Tengah Pandemi oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).
 
Di ujung diskusi, Andani memberi resep ampuh melawan berbagai varian Corona. "Yang paling bagus adalah vitamin G, yakni vitamin gembira, gembira. Jangan stres, itu yang penting," ucapnya dengan tersenyum lebar, seraya berpesan agar yang sudah divaksin tetap patuh protokol kesehatan. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.