Dark/Light Mode

Ini Profil Dan Harta Lodewijk, Wakil Ketua DPR Pengganti Azis Syamsuddin

Kamis, 30 September 2021 14:47 WIB
Wakil Ketua DPR Lodewijk F Paulus. (Foto: Ist)
Wakil Ketua DPR Lodewijk F Paulus. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Karier Lodewijk

Sebelum terjun di dunia politik, Lodewijk aktif di dunia militet. Pria kelahiran Manado 27 Juli 1957 ini lulusan Akademi Militer tahun 1981. Lodewijk lebih banyak bertugas di Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Sejumlah jabatan penting dan strategis pun pernah di embannya.

Baca juga : Sah, Haji Lodewijk Jadi Wakil Ketua DPR

Tahun 2001, Lodewijk jadi komandan pasukan elite di lingkungan korps baret merah yakni Satuan 81 Penanggulangan Teror Kopassus. Ia bahkan pernah jadi Danjen Kopassus 2009, menggantikan Mayjen Pramono Edhie Wibowo.

Selanjutnya, Lodewijk memegang tampuk kepemimpinan sebagai Pangdam I/Bukit Barisan pada 2011. Jabatan pamungkas  yang dipegang Lodewijk di militer yakni Komandan Pembina Doktrin, Pendidikan, dan Latihan (Kodiklat) TNI Angkatan Darat. Dia pensiun dengan pangkat Letnan Jenderal (Letjen) pada 2015.

Baca juga : Hari Ini, Lodewijk Ditetapkan Jadi Wakil Ketua DPR

Usai pensiun dia join bersama Partai Golkar untuk memulai kiprah politiknya. Tahun 2016, ia menjabat Koordinator Bidang Kajian Strategis DPP Partai Golkar. Setelahnya, ia ditunjuk sebagai Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Januari 2018. Lodewijk hijrah ke Senayan tahun 2019 setelah terpilih di Daerah Pemilihan (Dapil) Lampung I. Dia pun duduk di kurso Komisi I DPR. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.