Dark/Light Mode

Firli Bahuri: Orang Yang Korupsi Pengkhianat Bangsa

Jumat, 1 Oktober 2021 15:01 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri. (Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka)
Ketua KPK Firli Bahuri. (Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka)

 Sebelumnya 
Lalu, dengan menjadi manusia yang adil dan beradab, sila ketiga, yakni Persatuan Indonesia, akan terwujud. Persatuan, kata mantan Kabaharkam Polri ini, senantiasa menjadi kekuatan bagi segenap bangsa Indonesia dalam "perang badar" melawan korupsi.

Agar efektif, terukur, cepat dan efisien, perang melawan laten korupsi ini harus dilakukan dengan penuh hikmat dan kebijaksanaan, sebagaimana esensi dari butir keempat Pancasila.

Baca juga : Ketua KPK: Ganyang Dan Hancurkan!

Dan terakhir, diingatkan Firli, "perang badar" melawan korupsi di negeri ini, tak lain untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, seperti yang termaktub dalam butir kelima Pancasila.

Lima sila yang terkandung di dalam Pancasila, kata Firli, telah menjadi satu kesatuan utuh serta saling mengikat untuk dijadikan sebagai landasan hidup berbangsa dan bernegara.

Baca juga : Diet Ala Baim Wong, Konsultasi Ke Ade Rai Hingga Minum Ini

Korupsi, kata dia, salah satunya terjadi lantaran ada oknum-oknum yang melihat Kesaktian Pancasila sebagai mantra politik saja, ketimbang memandangnya sebagai sebuah ideologi sakti.

"Akibatnya, laten jahat korupsi lambat laun akan mengubahnya menjadi manusia berperilaku koruptif, dimana sudah tidak ada lagi ruh dari nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan, pada dirinya," ucap eks Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) itu.

Baca juga : Kapolri Pastikan Kesiapan Pengamanan PON XX Papua

"Kesaktian Pancasila bukan sekadar catatan sejarah, tidak hanya perlu diingat, hanya dikenang atau menjadi bahan perenungan semata," tandasnya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.