Dark/Light Mode

Agus Rahardjo Minta Rakyat Ikut Awasi Proses Seleksi Capim KPK

Senin, 20 Mei 2019 20:20 WIB
Ketua KPK Agus Rahardjo. (Foto: Tedy O Kroen/Rakyat Merdeka).
Ketua KPK Agus Rahardjo. (Foto: Tedy O Kroen/Rakyat Merdeka).

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo tak masalah dengan pendapat dari sejumlah masyarakat yang menilai bahwa Panitia Seleksi capim KPK dipilih secara politis.

Agus meminta kepada semua lapisan masyarakat agar mengawasi saja proses seleksi calon pimpinan (Capim) KPK periode VI.

Baca juga : Jokowi Ingin Pansel Seleksi Capim KPK Terbaik

"Jadi kalau menurut saya diawasi saja. Kita rakyat Indonesia bersama KPK akan mengawasi tahap itu," saran Agus di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (20/5).

Terkait kritik dari KPK untuk pembentukan pansel, Agus masih tak ingin bicara banyak mengenai hal itu. Mengingat, ada sejumlah proses dan tahapan dalam seleksi sehingga pengawasan terhadap transparansi proses jadi hal yang perlu dilakukan.

Baca juga : Agus Rahardjo Cs Belum Maksimal Terapkan Pasal TPPU

"Kalau misalkan setiap tahap itu kita tahu jelas, transparan dibuka ke masyarakat, tes ini diikuti berapa (orang), kriterianya apa, nanti kan kalau begitu baik. Jadi diawasi saja, nanti kita bisa nilai kan mana yang bagus, mana yang tidak," ujar Agus.

Eks Ketua LKPP ini juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut seleksi calon pimpinan KPK jilid VI. ‘Harapan saya mari pada warga Indonesia yang memiliki kemampuan, yang integritasnya bagus menyumbangkan diri menjadi komisioner KPK,” tuturnya.

Baca juga : Diperiksa 7,5 Jam, Sekjen Kemenag Klaim Proses Seleksi Sesuai Prosedur

“Jadi kalau ada punya kenalan yang kualitasnya bagus, dorong untuk daftar. Yang daftar itu harus sebanyak mungkin orang, dan harus orang bagus,” tandasnya.

Diketahui, akhir tahun 2019 ini merupakan akhir dari masa jabatan pimpinan KPK jilid V dibawah kepemimpinan Agus Rahardjo. Sejumlah persiapan pun tengah dilakukan, termasuk memilih Pansel Capim KPK untuk menentukan siapa pemimpin baru komisi antirasuah tersebut. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.