Dark/Light Mode

Perebutan Kursi Bos NU

Kiai Said Mau 3 Periode?

Senin, 4 Oktober 2021 07:30 WIB
Ketua Umum PBNU Kiai Said Aqil Siradj. (Foto: Istimewa)
Ketua Umum PBNU Kiai Said Aqil Siradj. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dua bulan jelang Muktamar PBNU ke-34 di Lampung, bursa calon ketua umum PBNU mulai ramai. Sejumlah nama mulai dijagokan untuk memperebutkan kursi bos ormas keagamaan terbesar di Indonesia ini. Menariknya, dari nama yang beredar, muncul nama Kiai Said Aqil Siradj yang sudah 2 periode ini menjabat Ketua Umum PBNU. Pertanyaannya, Kiai Said memang mau 3 periode?

Selain Kiai Said, ada beberapa nama lain yang dijagokan sebagai kandidat Ketum di Muktamar yang kabarnya bakal digelar di Lampung ini. Antara lain, Katib Aam PBNU Yahya Cholil Staquf, Ketua PBNU Marsudi Suhud, hingga Ketua PWNU Jatim Marzuki Mustamar.

Sayangnya, di interna NU, para pengurus wilayah umumnya masih cenderung merahasiakan siapa kandidat yang bakal diusung. Justru, nama Kiai Said yang belakangan ini paling kencang disuarakan untuk kembali memimpin NU menjadi 3 periode.

Baca juga : Peserta Honda DBL Antusias Jalani Vaksinasi

Dukungan terhadap Kiai Said, antara lain datang dari Tuan Guru Bagu, panggilan akrab TGH. L. Turmudzi Badaruddin. Ulama kharismatik Nusa Tenggara Barat itu, blak-blakan kepingin PBNU kembali dipimpin Said Aqil.

Ada sejumlah alasan, kenapa dirinya ingin Kiai Said melanggengkan kekuasaannya di NU. Pertama, NU masih butuh figur pemimpin yang memiliki kapasitas keilmuan dan kepepimpinan yang mumpuni. Kedua, Ketum yang sudah memimpin 2 periode itu adalah sosok yang alim. Kualitas kealimannya bisa dilihat dari karya-karya Kiai Said yang disebutnya sebagai Guru Besar di bidang Tasawuf.

“Dua kriteria tersebut ada pada sosok KH. Said Aqil Siradj,” kata Tuan Guru Bagu Kiai Said berkunjung ke Pesantren Qomarul Huda, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (2/10) lalu.

Baca juga : Penjualan Ritel AS Membaik, Dolar Makin Perkasa

Ketiga, dari sisi kepemimpinan, Kiai Said terbukti membawa NU disegani di kancah dunia. Disebutkan Tuan Guru, beberapa kali Kiai Said dinobatkan sebagai salah satu tokoh muslim paling berpengaruh di dunia.

Terakhir, keempat, tambah Tuan Guru, kepemimpinan Kiai Said terlihat dari komitmennya memajukan pendidikan di lingkungan NU. “Berdirinya sejumlah Universitas NU menjadi bukti nyata buah kepemimpinannya,” tandasnya.

Bagaimana dengan PWNU yang lain? Wakil Rais Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Anwar Iskandar yang dikonfirmasi belum secara eksplisit menyebut nama jagoan yang akan diusung oleh wilayah dengan basis NU terbesar ini.

Baca juga : Frustrasi, Model Nikahi Diri Sendiri

Namun, ia menyiratkan pesan agar ada regenerasi kepemimpinan di ajang Muktamar mendatang. Dengan kata lain, pernyataan ini bisa dimaknai bahwa ada keinginan dari sang Kiai agar munculnya wajah baru di tampuk pimpinan PBNU.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.