Dark/Light Mode

Dokter Spesialis Kandungan Pastikan AMDK Galon Guna Ulang Aman Untuk Janin

Rabu, 6 Oktober 2021 00:45 WIB
Dokter spesialis kandungan Alamsyah Aziz (Foto: Istimewa)
Dokter spesialis kandungan Alamsyah Aziz (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
 “Jadi safety limit-nya sangat jauh sekali. Masalah seperti komplikasi kanker, hipertensi, pendarahan yang terjadi pada ibu hamil, itu jauh lebih besar, dan juga masalah seperti gizi buruk dan stunting justru ada di depan mata kita,” terang dia.
 
Dia menjelaskan, tidak semua zat berpengaruh atau zat berbahaya bisa menembus ke plasenta l, karena memiliki sistem barrier atau sistem pertahanan. Sehingga meniadakan terjadinya transmisi secara vertikal. "Baik itu sifatnya yang seperti BPA atau seperti virus juga, sehingga justru malah zat berbahaya itu masuk ke hati dan dilakukan sirkulasi di sana,” tuturnya. 
 
Selain aman untuk ibu hamil, menurut Dr. dr. Farabi El Fouz, Sp.A, M.Kes, penggunaan AMDK galon guna ulang ini juga aman dikonsumsi anak-anak balita. Menurutnya, selama kemasan itu sudah dinyatakan aman oleh BPOM dan Kemenperin, maka aman untuk dikonsumsi. 
 
“Tapi kalau misalnya tidak sesuai ya jangan. Jadi, selama BPOM yang mengeluarkan arahan kita harus ikuti. Kalau BPOM sudah mengatakan kemasan itu aman, itu sudah jaminan mutu pasti aman. Karena BPOM kan pelindung kita sebagai masyarakat,” katanya. 
 
Pada 2021, BPOM melakukan pengujian laboratorium terhadap sampling kemasan AMDK jenis polikarbonat (PC) atau galon guna ulang. Ditemukan, adanya migrasi BPA dari kemasan galon sebesar rata-rata 0,033 bpj. Nilai ini jauh di bawah batas maksimal migrasi yang telah ditetapkan BPOM, yaitu sebesar 0,6 bpj. 
 
BPOM memastikan kepada masyarakat bahwa air minum dalam kemasan (AMDK) galon guna ulang yang beredar hingga kini aman untuk dikonsumsi. Selain itu, BPOM juga melakukan pengujian cemaran BPA dalam produk AMDK. Hasil uji laboratorium (dengan batas deteksi pengujian sebesar 0,01 bpj) menunjukkan cemaran BPA dalam AMDK tidak terdeteksi. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.