Dewan Pers

Dark/Light Mode

29 Atlet PON Positif Corona

Saran Prof Tjandra: Gencarkan 3T, Segerakan Whole Genome Sequencing

Rabu, 6 Oktober 2021 19:04 WIB
Guru Besar Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia (UI) Prof Tjandra Yoga Aditama. (Foto: Ist)
Guru Besar Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia (UI) Prof Tjandra Yoga Aditama. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Guru Besar Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia (UI) Prof Tjandra Yoga Aditama menyarankan pemerintah melakukan whole genome sequencing (WGS) terhadap 29 atlet PON XX 2021 Papua yang positif Covid-19.

"Karena beberapa atlet yang positif disebutkan CT valuenya rendah, maka baik kalau semua yang positif, diperiksa whole genome sequencing," ujar Tjandra kepada RM.id, Rabu (6/10).

Berita Terkait : Menkes: Semua Yang Punya Riwayat Perjalanan Ke India, Bakal Kena Genome Sequencing

Selain WGS, mantan Direktur Badan Kesehatan Dunia (WHO) Asia Tenggara itu juga menyarankan peningkatan 3T, alias testing, tracing, dan treatment, di Papua.

Sebab, ketika datang ke Bumi Cenderawasih, para atlet ini telah menjalani tes PCR dan hasilnya negatif. "Artinya, mereka tertular di Papua," imbuhnya.

Berita Terkait : Wali Kota Bogor Terjunkan Tim Detektif Petakan Jumlah ODP

Berikutnya, telusur harus dilakukan pada semua yang kontak dengan 29 orang ini. Kalau targetnya dari seorang diperiksa sedikitnya 15 kontak, maka setidaknya harus diperiksa 450 orang.

Tapi jika pemeriksaan ditargetkan terhadap 30 kontak dari seorang positif Covid-19, maka ada 900 orang yang harus diperiksa. "Tentu termasuk sesama atlet, official petugas hotel, dan termasuk masyarakat setempat yang mungkin sempat kontak juga," saran Tjandra.
 Selanjutnya