Dark/Light Mode

29 Atlet PON Positif Corona

Saran Prof Tjandra: Gencarkan 3T, Segerakan Whole Genome Sequencing

Rabu, 6 Oktober 2021 19:04 WIB
Guru Besar Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia (UI) Prof Tjandra Yoga Aditama. (Foto: Ist)
Guru Besar Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia (UI) Prof Tjandra Yoga Aditama. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Eks pejabat Kementerian Kesehatan sejak era Menkes Siti Fadillah Supari hinggi Nila Moeloek ini juga mengingatkan pihak penyelenggara PON XX dan penonton untuk meningkatkan kedisplinan protokol kesehatan, saat menggelar pertandingan olahraga.

Baca juga : Menkes: Semua Yang Punya Riwayat Perjalanan Ke India, Bakal Kena Genome Sequencing

Kemudian, Tjandra juga mengingatkan, surveilans harus lebih digiatkan agar didapat tren yang baik. "Surveilans tentu perlu dikaitkan dengan tiga hal, yakni lokasi, jenis olahraga yang ada, serta karakteristik penonton di lokasi itu," bebernya.

Baca juga : Wali Kota Bogor Terjunkan Tim Detektif Petakan Jumlah ODP

Atlet yang kini positif Covid-19, juga diminta Tjandra agar betul-betul menjalani karantina hingga negatif. "Jangan hanya mengikuti panduan yang sekian hari dapat bebas isolasi/karantina," wanti-wanti Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI ini.

Baca juga : Nyuci Baju Sendiri, Makan Sendiri, Ganti Seprei Sendiri

Terakhir, Tjandra juga menyarankan para atlet ini tetap dalam pengawasan ketika pulang ke daerahnya masing-masing. "Akan baik juga kalau keluarganya diawasi karena kemungkinan kontak," tandas Tjandra. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.