Dark/Light Mode

Terpilih Jadi Ketua Aspeksindo Kedua

Andi Harun Minta Dukungan Jokowi Wujudkan Program Indonesia Poros Maritim Dunia

Sabtu, 9 Oktober 2021 14:45 WIB
Ketua Aspeksindo periode 2021-2025 Andi Harun melakukan sertijab dengan Ketua Aspeksindo periode 2018-2021 Abdul Gafur Masud, yang juga Bupati Penajam Paser Utara. (Foto: Aspeksindo)
Ketua Aspeksindo periode 2021-2025 Andi Harun melakukan sertijab dengan Ketua Aspeksindo periode 2018-2021 Abdul Gafur Masud, yang juga Bupati Penajam Paser Utara. (Foto: Aspeksindo)

 Sebelumnya 
Aspeksindo juga memberikan perhatian kepada isu climate change atau perubahan iklim. Data satelit yang dikumpulkan ITB selama 20 tahun menunjukkan, telah terjadi kenaikan air laut dan menurunya permukaan tanah.

"Dengan ratusan juta penduduk di pesisir, hal itu menjadi ancaman serius bagi masyarakat," wanti-wantinya.

Hal itu, lanjutnya, harus menjadi perhatian serius bagi semua pihak. Sektor maritim diminta tidak hanya berfokus dan memberi perhatian dalam sektor ekonomi dan pertahanan laut. Tapi juga, perlindungan bagi masyarakat yang ada di daerah kelautan dan pesisir.

Baca juga : Riza Damanik Ngebet Perluas Peran Sarjana Kelautan

Harun menambahkan, setelah kepengurusan Aspeksindo terbentuk, dia akan melakukan pertemuan-pertemuan dengan DPR, DPD, dan kementerian.

"Dan Insya Allah, kita akan berusaha bertemu dengan Presiden Jokowi agar mendapat suport dalam rangka mendukung program Indonesia sebagai poros maritim dunia," bebernya.

Ketika bertemu dengan presiden, Aspeksindo juga akan menyampaikan tentang RUU Daerah Kepulauan. RUU itu akan disertai dengan argumentasi akademik dan trategis yang disusun para ahli dan pakar. "Itu nanti yang akan kami sampaikan ke Pak Presiden," ucapnya.

Baca juga : Terpilih Jadi Ketum Iskindo, Riza Damanik Berpantun & Usung Program Ini

Aspeksindo juga akan melakukan lobi-lobi ke DPR segera melakukan pembahasan dan pengesahan RUU Daerah Kepulauan menjadi undang-undang. "Kami juga akan mobilisasi masyarakat sipil," imbuhnya.

Terakhir, Harun berharap seluruh anggota Aspeksindo bisa menjalin hubungan kemitraan antar Pemerintah Daerah (Pemda) kepulauan dan pesisir.

"Semoga Tuhan selalu membimbing dan memberi kemudahan menjalankan amanah terhadap 338 kepala daerah kabupaten/kota se-Indonesia ini," tandas Harun. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.