Dark/Light Mode

Kasih Lampu Hijau Ke Jamaah Umroh RI

Salman... Syukron...

Minggu, 10 Oktober 2021 07:50 WIB
Ilustrasi jamaah umroh Saudi Arabia. (Foto: AFP)
Ilustrasi jamaah umroh Saudi Arabia. (Foto: AFP)

 Sebelumnya 
Meski mengakui, Saudi mewajibkan pengunjung disuntik vaksin booster dari empat jenis vaksin yakni Pfizer, AstraZeneca, Moderna, dan Jhonson and Jhonson.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Ace Hasan Syadzily turut bahagia mendengar kabar bahwa jamaah Indonesia sudah diperbolehkan beribadah di Tanah Suci. “Alhamdulillah, tentu kita patut bersyukur atas dibukanya kembali ibadah umroh untuk umat Muslim dari Indonesia,” katanya, saat dihubungi Rakyat Merdeka, tadi malam.

Ace mengatakan, keputusan Saudi membuka jamaah Indonesia untuk umroh tidak lepas dari semakin terkendalinya penanganan Corona di Indonesia. Karena memang faktanya, penanganan pandemi di dalam negeri benar-benar tertangani.

Baca juga : Salman Raja Tega

Meski begitu, masih ada PR besar yang harus diselesaikan pemerintah Indonesia. Seperti, menindaklanjuti secara teknis, sejauh mana persyaratan dan ketentuan yang diberlakukan Saudi terkait detail pelaksanaan umroh.

“Tentu akan terkait dengan protokol kesehatan dan kebutuhan biaya penyelenggaraan umroh yang akan diberikan kepada penyelenggara umroh di Indonesia,” pesan politikus Golkar ini.

Kata Ace, pada prinsipnya, keputusan pemerintah Saudi telah menunjukan kepercayaan terhadap Indonesia dalam penanganan Corona. Alhasil, bisa membuat jamaah Indonesia tersenyum, khususnya yang rindu beribadah di rumah Allah. “Ini merupakan kabar yang menggembirakan. Yang diharapkan dapat memenuhi kerinduan umat Islam Indonesia untuk berziarah ke Tanah Suci,” cetusnya.

Baca juga : Duh, 13 Jamaah Umroh Indonesia Positif Corona

Ia meminta, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama segera menindaklanjutinya dengan melakukan pembicaraan secara teknis pelaksanaan detailnya. Terutama soal protokol kesehatan dan ketentuan yang terkait dalam penyelenggaraan umroh di Tanah Suci itu.

Publik yang mengetahui kabar ini lantas berterima kasih kepada Raja Salman. “Kabar hari ini umroh juga sudah diperbolehkan oleh Kerajaan Saudi Arabia untuk WNI,” ungkap @TriwidodoAries. “Alhamdulillah. Ayo bersyukur yang mau umroh,” ucap @AgusAbidurohman.

Akun @Masmaspotato berpesan agar penanganan pandemi tidak kendor sampai statusnya kadi endemi. “Tetap semangat sampai berangkat umroh,” imbuhnya. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.