Dark/Light Mode

Dapat Stempel Halal MUI

Yes..., 50 Juta Dosis Vaksin Zifivax Siap Masuk Indonesia

Senin, 11 Oktober 2021 07:20 WIB
Ilustrasi Vaksin Zifivax. (Foto: Shuttershock)
Ilustrasi Vaksin Zifivax. (Foto: Shuttershock)

 Sebelumnya 
“Vaksin Zivifax hukumnya suci dan halal. Karena dalam proses produksinya memenuhi standar halal dan tidak ditemukan penggunaan mate­rial haram dan atau najis,” ujar Asror.

Dia menyatakan, tim auditor Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Komisi Fatwa MUI mengaku telah memantau dengan detail. Mulai verifikasi dokumen-dokumen untuk kepentingan pemfatwaan vaksin Zivifax, hingga pemeriksaan berba­sis kunjungan lapangan atau audit langsung tim auditor ke pabrik Zhifei Longcom Biopharmaceutical Co, Ltd di Hefei, China.

Baca juga : Produsen Vaksin Zifivax Komit Suplai 50 Juta Dosis Untuk Indonesia Tahun Ini

“Dari aspek teknis, ingredients berikut pada proses produksi maupun aspek syar’inya. Vaksin Covid-19 produk Anhui ini sebagaimana angka satu, boleh digunakan dengan syarat terjamin keamanannya menurut ahli atau lembaga yang kompeten,” jelasnya.

Asror menegaskan, poin ini penting. Sebab, kebole­han penggunaan vaksin Zivifax terikat oleh aspek ketayiban (baik), aspek keamanan juga efikasi.

Baca juga : Wow, China Sudah Ekspor 215 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Ke Indonesia

MUI berharap, rekomendasinya memiliki kesamaan pan­dang dengan Pemerintah terkait komitmen penanggulangan Covid-19. Salah satunya dengan perluasan akses terhadap vaksin bagi masyarakat.

MUI menyatakan, fatwa ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan yaitu 28 September 2021. Namun, kata MUI jika di kemudian hari ternyata terdapat kekeliruan, akan diperbaiki dan disempurnakan sebagaimana mestinya. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.