Dark/Light Mode

Berkah Membaiknya Penanganan Covid, Elektabilitas Airlangga Kini Nyalip Prabowo

Rabu, 13 Oktober 2021 09:35 WIB
Menko Perekonomian/Komandan Penanganan Covid di luar Jawa Bali, Airlangga Hartarto saat meninjau fasilitas isoter terapung KM Tidar di Jayapura, di tengah penyelenggaraan PON XX Papua. (Foto: Instagram)
Menko Perekonomian/Komandan Penanganan Covid di luar Jawa Bali, Airlangga Hartarto saat meninjau fasilitas isoter terapung KM Tidar di Jayapura, di tengah penyelenggaraan PON XX Papua. (Foto: Instagram)

 Sebelumnya 
Dino menuturkan, hingga saat ini, belum ada bakal Capres 2024 yang tingkat elektabilitasnya mendekati 30-50 persen.

Kondisi ini semakin mengaburkan prediksi peluang keunggulan setiap bakal capres.

Sebanyak 40 persen responden dalam survei ini adalah generasi milenial. Mereka mendominasi pemilih Pemilu 2024. Tapi, mereka tidak cuma sebagai obyek ceruk suara. Sebab, generasi Z cenderung independen terhadap kandidat capres atau partai politik. 

Baca juga : Cegah Peningkatan Kasus Covid-19, Begini Mekanisme Pemulangan Atlet PON XX

"Dapat disimpulkan, sampai saat ini belum ada parpol ataupun bakal capres yang sepenuhnya menyentuh preferensi kalangan generasi milenial, dengan karakteristik yang jauh berbeda dibanding generasi terdahulu," terang Dino.

Sementara itu, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Jokowi dalam menanggulangi Covid-19 dan pemulihan ekonomi sangat tinggi. Hingga di angka 80 persen.

Hasil ini berdampak positif terhadap tingkat keterpilihan Airlangga yang ditugaskan oleh Jokowi, untuk menangani Corona dan pemulihan ekonomi.

Baca juga : Zaman Modern, Transportasi Konvensional Kudu Putar Otak

"Tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Jokowi dalam penanggulangan covid-19 dan pemulihan ekonomi sangat tinggi, sehingga mempengaruhi tingkat keterpilihan Airlangga," jelads Dino.

Penelitian ini melibatkan 2.178 responden yang diberikan pertanyaan sama, jika Pilpres digelar hari ini.

Lab Suara Indonesia menyodorkan tokoh-tokoh untuk dipilih dengan dibekali informasi latar belakang mereka. Begitupun informasi lainnya, yang berkaitan dengan rekam jejak tokoh-tokoh tersebut. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.