Dark/Light Mode

FKL Adira 2021 Pacu Semangat UKM Mandalika Untuk Berkreasi

Jumat, 15 Oktober 2021 18:32 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Festival Kreatif Lokal (FKL) 2021 yang digelar Adira Finance dengan menggandeng Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memacu semangat pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) untuk berkreasi.

Festival ini dilaksanakan di Destinasi Super Prioritas. Salah satunya di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pelaku usaha di sana bersemangat mengikuti FKL 2021.

Salah satu pelaku UKM yang memiliki usaha kerajinan mutiara, Indah Purwanti mengaku sengaja mengikuti kegiatan FKL untuk menambah pengalaman dan ilmu berbisnis.

Baca juga : Kunker Ke NTB, Airlangga Semangati Penerima Kartu Prakerja

"Saya memiliki usaha mutiara dan sudah memiliki beberapa pegawai," ujar Indah dalam konferensi pers yang digelar Adira, dikutip Jumat (15/10).

Selain itu FKL juga memacu semangatnya untuk berkreasi. Pasalnya, para pelaku UKM ini selain mendapatkan ilmu baru mereka juga diberikan kesempatan untuk meraih penghargaan jika menang dalam FKL Adira 2021.

Sembilan usaha kecil dan menengah (UKM) lokal terpilih mendampingi Mandalika dalam final Festival Kreatif Lokal 2021. Kesembilan UKM itu berasal dari katagori usaha Fesyen, Kuliner, dan Kriya.

Baca juga : Airlangga Susun Pengaturan Superbike Mandalika, Berikut Rinciannya

Kesembilan UKM itu adalah kuliner, yakni Tri Utami Jaya, Songgajah, dan Yant Sorghum. Kemudian kategori Kriya, yakni Indah Mutiara Lombok, Mutiara Lombok Waidah, Mawar Ketak Lombok. Sementara katagori Fashion, yakni Seagana Batik Sasambo, Allea Galeri Etnik Indonesia, dan Tetjanting.

Acara yang diinisiasi Adira Finance ini menggelorakan semangat pelaku ekonomi kreatif lokal menciptakan inovasi baru untuk kemajuan usaha mereka.

Kegiatan ini mendukung 56 UKM di Mandalika agar menciptakan produk berskala nasional yang dapat bersaing secara internasional.

Baca juga : SKK Migas: Blok Cepu Sumbang Rp 249 Triliun Untuk Negara

Head of Regional SSD-Bali & Nusa Tenggara Surya Almada Syahlani mengatakan, peserta Festival Kreatif Lokal 2021 akan menjadi local heroes yang turut berperan menumbuhkan geliat positif aktivitas ekonomi kreatif di Mandalika.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.