Dark/Light Mode

FKL Adira 2021 Pacu Semangat UKM Mandalika Untuk Berkreasi

Jumat, 15 Oktober 2021 18:32 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
"Kegiatan ini ada akhirnya bermuara pada peningkatan perekonomian setempat,” kata Surya Almada Syahlani.

Surya menilai, penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal 2021 di Mandalika akan membawa para UKM lebih matang dalam menyiapkan produk.

Produk akan memiliki daya tarik dengan kualitas prima. Sehingga mendapatkan nilai jual lebih tinggi. Apalagi, dengan adanya pembangunan sirkuit Mandalika, yang turut membantu destinasi super prioritas ini menjadi pusat perhatian berbagai negara.

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) ini terus mempromosikan kawasan tersebut sebagai salah satu primadona tujuan wisata dengan kekayaan alam dan kearifan budaya lokal. Kondisi ini akan menjadi peluang istimewa bagi para UKM untuk menunjukkan diri.

Baca juga : Kunker Ke NTB, Airlangga Semangati Penerima Kartu Prakerja

"Sehingga dapat menjadikan Mandalika juga dikenal akan keunikan produk ekonomi kreatifnya," terangnya.

Pendapat yang sama juga dilontarkan Founder e-Camp sekaligus mentor Festival Kreatif Lokal 2021 Kukuh Indra Prasena.

Dia berharap, peserta Festival Kreatif Lokal 2021 di Destinasi Super Prioritas Mandalika mampu mengoptimalkan potensi bisnis dari peluang perhelatan balapan internasional.

Kegiatan selama Festival Kreatif Lokal 2021 merupakan bagian dari rangkaian pelaku UKM untuk menghasilkan terobosan yang inovatif dan nyata sebagai jawaban tuntutan pasar.

Baca juga : Airlangga Susun Pengaturan Superbike Mandalika, Berikut Rinciannya

Melalui Festival Kreatif Lokal 2021, pelaku UKM mendapatkan materi yang relevan. "Sehingga produk dan jasanya dapat memiliki nilai ekonomi dan kompetitif di pasaran,” tuturnya.

Sembilan UKM local hero ini akan menjalani coaching camp yang lebih intensif dari Prasetiya Mulya ELI dan e-Camp Indonesia, menggunakan metode yang dapat langsung diterapkan para UKM untuk menumbuhkan usaha kreatif mereka.

Selain itu, sembilan UKM local hero ini akan dinilai Dewan Juri, yang terdiri dari lima tokoh dengan kepakaran dan pengalaman dalam bidang bisnis serta ekonomi kreatif.

Dewan Juri ini terdiri dari pendiri M Bloc Space, Handoko Hendroyono, sebagai Ketua Dewan Juri; serta sebagai Anggota Dewan Juri adalah Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli dan Deputi Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf Nia Niscaya.

Baca juga : SKK Migas: Blok Cepu Sumbang Rp 249 Triliun Untuk Negara

Kemudian, Direktur SDM & Marketing Adira Finance, Swandajani Gunadi, Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf Yuana Rochma Astuti serta Direktur Adira Insurance Wayan Pariama. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.