Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Antar Jokowi Ke Roma

Andika Panglima TNI Masih Jadi Teka-Teki

Sabtu, 30 Oktober 2021 07:50 WIB
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa memberi hormat saat melepas Presiden Jokowi menuju Roma, Italia, di Bandara Soekarno Hatta, Jumat (29/10/2021). (Foto: Biro Pers)
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa memberi hormat saat melepas Presiden Jokowi menuju Roma, Italia, di Bandara Soekarno Hatta, Jumat (29/10/2021). (Foto: Biro Pers)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kehadiran Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Andika Perkasa saat melepas Presiden Jokowi terbang ke Roma, Italia, dari Bandara Soekarno-Hatta, kemarin, mengundang sejumlah teka-teki. Apakah ini isyarat Andika akan dipilih Jokowi sebagai Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan pensiun bulan depan? Entah lah...

Sebenarnya, Andika tak sendirian saat melepas Jokowi yang akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Roma, itu. Sejumlah pejabat ikut hadir. Antara lain, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Mensesneg Pratikno, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Gubernur Banten Wahidin Halim.

Baca juga : Jokowi: Usia Bukan Batasan Untuk Tetap Jadi Muda

Dalam kesempatan tersebut, Andika tampil mengenakan seragam loreng warna hijau dengan empat bintang di pundaknya. Ia berdiri tegap diapit Kapolri dan Mensesneg, di depan tangga pesawat. Sebelum Jokowi meniti tangga, Andika sigap memberi hormat. Jokowi membalasnya dengan salam “namaste” sambil tersenyum.

Kehadiran Andika ini memang tak biasa. Biasanya, yang melepas Jokowi adalah Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto atau Pangdam Jaya. Belakangan diketahui, Hadi tak bisa ikut melepas Jokowi lantaran sedang berada di Singapura untuk menerima anugerah tanda kehormatan dari Presiden Singapura.

Baca juga : Kemenpora-UI Jajaki Kerja Sama Bidang Pemuda Dan Olahraga

Meski alasan ketidakhadiran Panglima TNI itu sangat logis, namun sebagian warganet menilai kehadiran Andika ini sebagai isyarat akan dijadikan calon Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi.

Isyarat Andika calon Panglima TNI sebelumnya terlihat, 12 Oktober lalu, saat Mensesneg Pratikno tiba-tiba saja berkunjung ke Mabes TNI AD. Pratikno yang ditemani Andika berkeliling melihat arsitektur modern bercampur klasik yang ada di kompleks Mabes AD.

Baca juga : Menkominfo: Kenaikan Covid-19 Kecil Pun Harus Jadi Perhatian

Isyarat selanjutnya, saat Jokowi becanda menawarkan istrinya, Ibu Iriana, naik kendaraan taktis TNI yang disopiri Andika pada HUT TNI. “Mau naik gimana? Biar yang nyetir Pak Andika, ha-ha-ha...,” canda Jokowi.

Nah, kehadiran Andika di Bandara Soekarno Hatta juga dianggap sebagian warganet sebagai isyarat yang makin terang. Seperti disampaikan akun @miduk17. “Sinyal next Panglima makin jelas kepada Jenderal Andika,” kicaunya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.