Dark/Light Mode

Faskes Nggak Patuh Aturan

Cek Ke Lapangan, Harga PCR Ada Yang Naik Berlipat Ganda

Minggu, 31 Oktober 2021 06:30 WIB
Ilustrasi. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
“Pertimbangan kami sebagai penyedia layanan kesehatan, perlu diadakan pertemuan dengar pendapat antara penyedia jasa layanan PCR dengan pemerintah, dan sosialisasi sangat dibutuhkan jika pemerintah ingin mengkaji harga swab test,” ujar Nathasa, perwakilan dari Bumame Farmasi yang merupakan salah satu penyedia layanan PCR dan Antigen Swab Test.

Menurut dia, pertemuan dan diskusi penting dilakukan demi menemukan jalan tengah terkait pengkajian harga PCR yang terjangkau bagi semua kalangan. Sehingga, kata dia, pemerintah dapat memberikan solusi alternatif terkait bahan baku reagen.

“Dan mayoritas bahan baku lainnya yang sifatnya masih impor,” tutur Nathasa.

Baca juga : Airlangga Susun Pengaturan Superbike Mandalika, Berikut Rinciannya

Netizen mengungkapkan, masih banyak laboratorium atau tempat pemeriksaan tes Covid-19 yang nakal dan tidak mematuhi aturan batas tertinggi harga tes PCR. Bahkan, masih laboratorium atau tempat pemeriksaan tes Covid- 19 ada yang mematok harga berlipat ganda.

Seperti yang dirasakan @christina.tjhin. Dalam komentarnya di salah satu meme yang menyinggung harga PCR, terungkap bahwa laboratorium atau tempat pemeriksaan tes Covid-19 tidak mematuhi aturan baru ini.

“Barusan, Kamis (28/10) PCR masih pakai harga lama,” ungkapnya.

Baca juga : Resmikan Patung Bung Karno, Mega Terisak Berkali-kali

Hal serupa dialami @nenenkalie. “Sama,” katanya. “Pagi ini, Jumat (29/10) anak saya tes PCR harga masih di angka Rp 698 ribu,” sambung @yiswanto2013. “Di klinik dekat rumah per tanggal 28 Oktober PCR Rp 300 ribu (2x24 jam), untuk 12 jam Rp 385 ribu,” tambah @DaddySaaay.

Akun @zainalamochtar mengungkapkan, salah satu laboratorium di Yogya bahkan mematok harga berlipat ganda untuk sekali tes PCR. Kata dia, reguler biasa Rp 475 ribu dan 4 jam selesai Rp 750 ribu.

“Pagi ini, Jumat (29/10) istri saya mau cek PCR, ternyata di Bumame dan Prodia masih Rp 475 ribu, mohon dicek dan ketegasan pemerintah dalam menjalankan regulasi,” cetus @CacangEffendi. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.