Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Agar Gampang Dibantu, Rumah Warga Isoman Sebaiknya Diberi Tanda Khusus

Kamis, 22 Juli 2021 22:53 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kanan) bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, dalam pelaksanaan vaksinasi untuk 6 ribu pelajar dan masyarakat umum, di Garden Ballroom Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (22/7). (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kanan) bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, dalam pelaksanaan vaksinasi untuk 6 ribu pelajar dan masyarakat umum, di Garden Ballroom Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (22/7). (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo berbelasungkawa atas bertambahnya jumlah masyarakat yang wafat akibat Covid-19, baik yang meninggal di rumah sakit maupun saat isolasi mandiri (isoman) di rumah dan tempat lainnya. Data LaporCovid-19 mencatat, setidaknya ada 712 pasien isolasi mandiri yang wafat. 

Ini menjadi fenomena baru seiring meluasnya lonjakan kasus Covid-19. Paling banyak terdapat di Jawa Barat sebanyak 248 orang. Kemudian disusul Daerah Istimewa Yogyakarta 134 orang, Jawa Tengah 114 orang, Jawa Timur 72 orang, Banten 68 orang, dan DKI Jakarta 53 orang. Sisanya di luar Jawa

"Agar bisa terpantau oleh tetangga dan lingkungan sekitar, ada baiknya di rumah warga yang melakukan isoman diberikan tanda khusus. Misalnya menggunakan bendera berwarna, sehingga menjadi tanda bahwa di rumah atau tempat tersebut sedang digunakan warga untuk isoman. Termasuk menginformasikan berapa jumlah warga yang sedang isoman di rumah atau tempat tersebut," ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang, usai meninjau pelaksanaan vaksinasi untuk 6 ribu pelajar dan masyarakat umum, di Garden Ballroom Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (22/7).

Baca juga : Lewat Gamelan Jawa, Budaya Indonesia Diperkenalkan Di Prancis

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, warga yang isoman juga harus melapor kepada Ketua RT setempat melalui WhatsApp ataupun media komunikasi lain. Sehingga RT dan Satgas Covid-19 setempat bisa memantau secara berkala, termasuk memberikan bantuan.

"Tidak perlu menutupi informasi diri jika terpapar Covid-19. Justru dengan membuka diri dan menginformasikan kepada lingkungan sekitar, kita bisa mencegah hal buruk terjadi," jelas Bamsoet.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB KODRAT) ini menerangkan, sesuai informasi, Ketua Satuan Tugas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban, pasien isoman harus rutin melakukan pemeriksaan mandiri. Hasil pemeriksaan sebaiknya dilaporkan kepada keluarga dan Ketua RT setempat.

Baca juga : Ringankan Beban Warga, Khofifah Gratiskan Biaya Sewa 4 Rusunawa

"Pemeriksaan itu meliputi suhu tubuh dan saturasi oksigen. Jika suhunya di atas 39 derajat celcius, serta saturasi oksigennya turun kurang dari 93 dan terus menurun hingga di bawah 90, pasien harus berhati-hati. Keluarga bersama Ketua RT dan Satgas Covid-19 setempat harus mulai mempersiapkan diri membawa pasien ke rumah sakit. Jika telat, akibatnya bisa fatal," terang Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menekankan, vaksinasi Covid-19 merupakan salah satu kunci agar pandemi Covid-19 bisa segera terkendali. Sehingga rumah sakit tidak kewalahan serta meminimalisir adanya pasien yang isoman. Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terhadap 6 ribu pelajar dan masyarakat umum tersebut diselenggarakan Dinas Kesehatan DKI Jakarta sebagai penyedia vaksin dengan bekerja sama dengan RS Islam Jakarta Cempaka Putih sebagai penyedia tenaga medis, serta para sponsor seperti GERAK BS, IMI, MBI, FKPPI, dan APLI yang menyiapkan sarana dan prasarana seperti jarum suntik dan teknis administrasinya lainnya.

"Kegiatan ini meringankan beban kerja Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam menyukseskan target vaksinasi covid-19 nasional yang dicanangkan Presiden Joko Widodo, 2 juta dosis vaksin per hari. Sekaligus meringankan beban keuangan pemerintah karena tak perlu mengeluarkan anggaran untuk sewa tempat, pembelian jarum suntik, hingga honorarium tenaga medis, karena seluruhnya ditanggung pihak sponsor," pungkas Bamsoet. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.