Dark/Light Mode

Pandemi Jadi Endemi, Insya Allah Sebentar Lagi...

Senin, 1 November 2021 08:00 WIB
Segitiga endemi Covid-19. (Foto: KPCPEN#PakaiMasker).
Segitiga endemi Covid-19. (Foto: KPCPEN#PakaiMasker).

 Sebelumnya 
“Indonesia selangkah lagi bebas dari pandemi Covid-19 dan bisa hidup sehat seperti biasa. Pada intinya, kita harus menjalankan prokes supaya terhindar dari masalah pecah rekor Covid-19 lagi,” ujar @1Tasum.

Menurut @UsbokoYakob, pemerintah telah menyiapkan strategi untuk mengubah pandemi Covid-19 menjadi endemi. Salah satu caranya, dengan percepatan vaksinasi sehingga tercipta herd immunity atau kekebalan kelompok.

“Semoga dengan gencarnya vaksinasi pintu ke pintu, pandemi dapat segera menjadi endemi,” harap @Banyu2073.

Baca juga : Demi Hindari Istri, Pria Ini Rela Masuk Penjara

“Tentunya dari vaksinasi saja tidak cukup melawan Covid-19. Tetap terapkan protokol kesehatan demi bebas dari pandemi,” timpal @Humasrestubabar.

Akun @RestrickA mengatakan, PPKM yang diterapkan di Indonesia sukses menekan angka kasus Covid-19 harian, sehingga terus melandai. Fakta tersebut menjadi modal Indonesia menuju endemi Covid-19.

“Semoga beneran membaik ya pandemi menjadi endemi dan Covid-19 bisa berubah jadi seperti flu biasa,” ujar @juyeonspicy. “Pandemi berakhir diganti endemi. Jadi Covid sama seperti penyakit menular lainnya,” tambah @Ivanthery.

Baca juga : Amanda Manopo, Gondol Piala Asian Star Prize

Menurut @agushamonangan, mencapai situasi endemi sebagai kenormalan baru memerlukan cara pandang hidup dan kondisi baru. Yang perlu dipersiapkan pemerintah dan masyarakat adalah percepatan vaksinasi dan disiplin prokes.

Akun @catatankaqihati meminta masyarakat melihat negara lain yang sudah memproklamirkan bebas dari pandemi Covid-19. Dia menegaskan, untuk bisa terbebas dari virus asal Wuhan, China, harus dimulai dari diri sendiri dengan taat prokes dan tidak melakukan mobilitas tinggi.

“Gimana negara ini mau bebas pandemi bila prokes saja sering dilanggar dan tak pakai masker,” kata dia. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.