Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pandemi Jadi Endemi, Insya Allah Sebentar Lagi...

Senin, 1 November 2021 08:00 WIB
Segitiga endemi Covid-19. (Foto: KPCPEN#PakaiMasker).
Segitiga endemi Covid-19. (Foto: KPCPEN#PakaiMasker).

RM.id  Rakyat Merdeka - KPCPEN#PakaiMasker mengunggah meme berkaitan dengan strategi Indonesia terbebas dari pandemi Covid-19 dan beralih menuju endemi. Meme peta Indonesia dengan segitiga endemi Covid-19 untuk terbebas dari pandemi. Yaitu, host/inang, agen dan environment/lingkungan.

“Agen yang menjadi penyebab Covid-19. Kemampuan virus ini dipengaruhi tiap strain yang dimiliki virus tersebut,” jelas dia.

Selanjutnya, inang yaitu organisme yang terserang Covid-19. Sejauh ini Covid ditemukan pada hewan dan manusia. Penularan antarmanusia dipengaruhi oleh droplet, dan keparahan gejala dipengaruhi oleh imunitas tubuh, umur dan riwayat penyakit.

Baca juga : Demi Hindari Istri, Pria Ini Rela Masuk Penjara

Kemudian, lingkungan merupakan faktor eksternal yang dapat meningkatkan faktor penularan.

Dia menjelaskan, penularan Covid-19 sangat tergantung pada banyaknya interaksi antara agen, inang dan lingkungan. Semakin banyak interaksi, potensi penularan semakin besar.

Pemerintah, kata dia, menyusun berbagai kebijakan untuk mengurangi peluang penularan virus Corona. Yaitu, dengan melakukan percepatan vaksinasi, penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dengan menegakkan protokol kesehatan (prokes) dan upaya 3T (tracing, testing dan treatment).

Baca juga : Amanda Manopo, Gondol Piala Asian Star Prize

“Memahami konsep Segitiga Endemi/Epidemi Covid-19 dapat membantu kita terbebas dari pandemi. Konsep ini menggambarkan bentuk interaksi 3 faktor penularan Covid-19, yakni agen, inang dan lingkungan,” ujar KPCPEN#PakaiMasker.

Netizen optimistis Indonesia akan menuju endemi Covid-19. Syaratnya, masyarakat kudu disiplin prokes dan pemerintah harus tanggap 3T (tracing, testing dan treatment) serta vaksinasi.

“Transisi dari pandemi ke endemi akan tercapai. Caranya, dengan tetap disiplin prokes 5M bagi warga; tetap 3T+vaksinasi bagi pemerintah,” kata @yanuarnugroho.

Baca juga : Yang Meninggal Tidak Lebih Dari 1 Orang Dalam Sepekan

Menurut @tatisamhadi, jika tren angka penurunan kasus harian Covid-19 terus berlanjut, ada kemungkinan Indonesia segera memasuki masa endemi Covid-19. Indonesia akan segera meninggalkan pandemi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.