Dark/Light Mode

Disebut Terima Fee Rp 2 M, Aliza Gunado Dibidik KPK

Senin, 1 November 2021 17:30 WIB
Gedung KPK. (Foto: Ist)
Gedung KPK. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal mendalami keterlibatan politikus Golkar Aliza Gunado dalam dugaan suap ketok palu Dana Alokasi Khusus (DAK) Lampung Tengah (Lamteng).

Aliza, disebut Mantan Kepala Dinas Bina Marga Lamteng Ahmad Taufik, mengurus DAK itu dan memperoleh fee senilai Rp 2 miliar.

"Fakta sidang yang dimaksud, tentu menjadi informasi penting bagi tim penyidik untuk mempertajam proses penyidikan perkara," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri lewat pesan singkat, Senin (1/11).

Baca juga : Mentan Beri Bantuan Rp 120 Miliar Untuk Petani NTB

Ali mengatakan, saat ini pihaknya telah mencatat seluruh dugaan peran Aliza dalam pengadaan DAK Lampung Tengah. 

Sebelumnya, mantan Kasi Dinas Bina Marga Lampung Tengah (Lamteng) Aan Riyanto membeberkan adanya pemberian uang senilai Rp 2 miliar kepada Aliza Gunado.

Uang tersebut, merupakan komitmen fee atas pengurusan dana alokasi khusus (DAK) APBDP Lampung Tengah (Lamteng) sebesar Rp 25 miliar, karena telah disetujui Badan Anggaran DPR.

Baca juga : Azis Syamsuddin Disebut Punya 8 Orang Di KPK

"Jadi di tanggal 21 itu saya dapat perintah Pak Taufik (mantan Kadis Bina Marga Lamteng, Taufik Rahman) untuk cari pinjaman uang untuk diberikan ke Saudara Aliza Rp 2,085 miliar totalnya," ujar Aan, saat bersaksi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (1/11).

Uang itu diserahkan dalam dua tahap. Pertama Rp 1,135 miliar diberikannya kepada Aliza di mall. "Uang diambil kawannya ditukar ke bentuk dolar Singapura," imbuhnya.

Penyerahan kedua, Rp 950 juta, dilakukan di Hotel Veranda. Uang itu juga dibawa kawan Aliza dan ditukarkan ke dolar. 

Baca juga : Didakwa Terima Suap Rp 11 Miliar, Harta Eks Penyidik KPK Cuma Rp 461 Juta

Sementara itu, mantan Kadis Bina Marga Lamteng, Taufik Rahman menjelaskan, uang Rp 2 miliar itu diminta setelah Banggar DPR yang saat itu dipimpin Azis Syamsuddin menyetujui DAK Lampung Tengah 2017 sebesar Rp 25 miliar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.