Dark/Light Mode

Airlangga: Cakupan Vaksinasi Dosis Pertama Di 22 Provinsi Masih Di Bawah Rata-rata Nasional

Selasa, 2 November 2021 13:44 WIB
Menko Perekonomian/Komandan PPKM Luar Jawa Bali Airlangga Hartarto saat meninjau vaksinasi di Papua Barat. (Foto: Instagram)
Menko Perekonomian/Komandan PPKM Luar Jawa Bali Airlangga Hartarto saat meninjau vaksinasi di Papua Barat. (Foto: Instagram)

 Sebelumnya 
 Apabila dilihat dari setiap wilayah pulau di Indonesia, terutama di Luar Jawa-Bali, jumlah kasus yang sembuh (RR), kasus kematian (CFR), dan penurunan jumlah total kasus aktif total, adalah sebagai berikut:

  • Sumatera: RR = 96,05 persen dan CFR = 3,57 persen dengan penurunan (jumlah total kasus aktif) -97,47 persen
  • Nusa Tenggara: RR = 97,37 persen dan CFR = 2,34 persen dengan penurunan -97,97 persen
  • Kalimantan: RR = 96,46 persen dan CFR = 3,17 persen dengan penurunan -97,27 persen
  • Sulawesi: RR = 96,94 persen dan CFR = 2,63 persen dengan penurunan -97,00 persen
  • Maluku dan Papua: RR = 96,07 persen dan CFR = 1,75 persen dengan penurunan -90,27 persen

Mobilitas Meningkat

Meninjau Level Asesmen per 30 Oktober 2021 dari 27 Provinsi di Luar Jawa-Bali tercatat, tidak ada Provinsi Level 4; tidak ada Provinsi Level 3; 24 Provinsi Level 2; serta 3 Provinsi Level 1 yaitu Sumatera Utara, Nusa Tenggara Barat, dan Kepulauan Riau.

Jika dilihat masing-masing Kabupaten/Kota, tidak ada Kabupaten/Kota yang masuk Level 4; 12 Kabupaten/Kota Level 3; 238 Kabupaten/Kota Level 2; dan 136 Kabupaten/Kota masuk di Level 1.

Baca juga : Presiden Kasih Catatan Khusus Untuk Aceh, Papua, Sumbar Dan Sulbar

Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) terus memantau perkembangan kasus Covid-19 di setiap daerah.

“Mobilitas masyarakat dan aktivitas sosial ekonomi meningkat, perlu kewaspadaan tinggi dan terus mendorong percepatan vaksinasi, serta kepatuhan penerapan protokol kesehatan,” ujar Airlangga, yang juga Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).

Vaksinasi Covid

Mengenai capaian Vaksinasi Dosis-1 untuk daerah Luar Jawa Bali, dari 27 provinsi yang ada, terdapat 5 Provinsi yang capaiannya di atas angka rata-rata nasional yang sebesar 57,53 persen.

Baca juga : Luhut: Cakupan Vaksinasi Dosis 2 Kita Masih Kalah Dari Singapura Dan Malaysia

Yaitu Kepulauan Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Utara.

Namun, 22 Provinsi lainnya masih berada di bawah rata-rata nasional, dan perlu terus diakselerasi.

Kemudian, untuk capaian vaksinasi Dosis-2 di luar Jawa Bali, ada 4 provinsi yang capaiannya di atas angka rata-rata nasional yang sebesar 35,44 persen.

Yakni Kepulauan Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Timur, dan Jambi.

Baca juga : Satgas: Cakupan Vaksin Dosis Pertama Sudah Lampaui 50 Persen

"Sedangkan, 23 provinsi lainnya masih berada di bawah rata-rata nasional, dan sama-sama harus terus dipercepat," pungkas Airlangga. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.