Dark/Light Mode

Naik Pesawat Bisa Pakai Antigen, Sandi Uno: Biar Tak Membebani

Rabu, 3 November 2021 17:05 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Instagram)
Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyambut baik keputusan pemerintah yang kembali mengizinkan penggunaan hasil tes antigen sebagai syarat untuk naik pesawat.

Sandi menyatakan, terbitnya aturan baru tersebut dapat mengurangi beban ekonomi masyarakat sebagai pengguna moda pesawat. Soalnya, diperlukan biaya yang tidak murah bagi masyarakat untuk memperoleh layanan tes PCR.

Baca juga : Mulai Hari Ini, Terbang Di Jawa Bali Bisa Pakai Antigen

"Tentang tes antigen untuk perjalanan Jawa-Bali, menjadi harapan kita bahwa tes antigen ini bisa menjadi salah satu bagian dari testing dan tracing, karena PCR ini tentunya biaya masih mahal. Keputusan (antigen) selain tidak membebani masyarakat, tapi juga pada saat yang bersamaan mengendalikan Covid-19," ujar Sandi, dalam keterangan resminya, Rabu (3/11).

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy menyampaikan, tes PCR tak lagi menjadi syarat untuk naik pesawat.

Baca juga : Senayan Optimis Pariwisata Bali Bangkit

Masyarakat yang berpergian via jalur udara cukup melakukan tes antigen Covid-19. "Untuk perjalanan akan ada perubahan yaitu untuk wilayah Jawa dan Bali, perjalanan udara tidak lagi mengharuskan menggunakan tes PCR," jelas Muhadjir, Senin (1/11).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.