Dark/Light Mode

Asian Talenta Cup Siap Digelar, Gubernur NTB Puji Langkah Cepat PUPR

Kamis, 4 November 2021 02:28 WIB
Gubernur NTB, Zulkieflimansyah
Gubernur NTB, Zulkieflimansyah

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah mengapresiasi gerak cepat Kementerian PUPR dalam pengembangan pembangunan infrastruktur Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL)-Kawasan Pariwisata Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat  (NTB). 

Kehadiran Bypass BIL ini sekaligus mendukung akses menuju sirkuit MotoGP yang dibangun di kawasan Mandalika. 

"Sangat bagus infrastruktur yang dibangun PUPR. Coba liat jalan bypass bil yang tidak bisa dilakukan dengan secepat ini bisa selesai. Menteri PUPR bekerja tidak banyak bicara, tetapi kerja benar dan nyata,” kata Zulkieflimansyah, Rabu (3/11). 

Selain infrastruktur jalan, Kementerian PUPR melalui Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) ikut mendukung pengembangan pembangunan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN ) di Lombok, Mandalika. 

Baca juga : Stabilkan Harga, Kementan Serap Telur Peternak Rakyat

Wisata Lombok disiapkan untuk mendukung kegiatan kegiatan Internasional, seperti World Superbike (WSBK) 2021 dan Motor GP tahun 2022.

"Kalau diliat masterplan itu komperhensif betul. Jadi bukan bangun satu dua tahun ini seperti Bali era 2000-an. Kita sudah pengalaman kembangkan Bali, mudah mudahan nggak salah kembangkan lagi,” ujarnya.

Untuk progres  event Asian Talent Cup (ATC), Zulkieflimansyah yang akrab disapa Bang Zul ini mengatakan, perhelatan ACT akan segera digelar. Pekerjaan sirkuit yang digunakan racing sudah beres semua. Termasuk jalan masuk,lapangan parkir, race control, tempat duduk dan lainnya. 

Kepala daerah NTB dari Partai PKS ini juga menyampaikan, bahwa pada event MotorGP mini ini Presiden Jokowi direncanakan akan menonton event ATC di Sirkuit Mandalika pada 12 November 2021. MotoGP mini ini akan menjadi ajang pemanasan sebelum event WSBK pada 19-21 November.

Baca juga : Ada DigiKU, UKMK Bisa Ajukan Pinjaman Secepat Ke Pinjol

"Asian Talent Cup ini mesti dicoba dulu sirkuitnya oleh pembalap-pembalap muda supaya raungan motornya meramaikan sirkuit Mandalika. Rencananya tiga hari dan kita diizinkan 25 ribu penonton,” ungkap Zul.

ACT Diikuti 20 Pembalap

Ditanya berapa jumlah pembalap yang akan hadir, Zul menyebut, rencananya ada 20 pembalap dari Asia Pasifik, termasuk Australia dan didalamnya ada 4 pembalap Indonesia yang akan ikut pada event ACT ini. 

Gubernur NTB juga memastikan masalah ganti rugi lahan di dalam kawasan sirkuit Mandalika sudah tidak ada masalah lagi.

Baca juga : Indonesian Television Awards 2021 Siap Digelar, Hadirkan 2 Kategori Baru

"Lahan tersebut tinggal proses pembayarannya saja. Semua ganti rugi akan dibayarakan melalui Bank NTB untuk membantu percepatan proses pembayaran lahan ini sesegera mungkin. Termasuk masalah sembilan bidang lain di dalam Sirkuit Mandalika juga sudah tidak ada persoalan lagi," tegasnya.

Sementara Kepala BPIW PUPR,  Rachman Arief Dienaputra mengatakan, BPIW terus melakukan pengembangan wilayah di kawasan Lombok untuk mendukung event internasional seperti Wolrd superbike (WSBK) tahun ini dan MotorGP pada 2022.

Yaitu, pembangunan saluran pengendali banjir KEK Mandalika, pembangunan jjalan Bypass Bandara Internasional Lombok Mandalika, Pembangunan dan pengembangan Sarhuta Gerupuk serta Pembangunan refuses derrived fuel kebon kongok.

Adapun anggaran yang digunakan  untuk pengembangan KSPN Lombok pada tahun 2020 sebesar Rp 403,99 miliar dan di tahun 2021 Rp 912 miliar. (MFA)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.