Dark/Light Mode

Hari Ini Gunung Merapi Mengalami 156 Kali Gempa Guguran

Kamis, 4 November 2021 21:58 WIB
Gunung Merapi
Gunung Merapi

RM.id  Rakyat Merdeka - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan  Gunung Merapi di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah mengalami 156 kali gempa guguran selama periode pengamatan pada Rabu (3/11), pukul 00.00-24.00 WIB.

Dalam keterangannya, Kamis (4/11), Kepala BPPTKG, Hanik Humaida menyebutkan, selain gempa guguran, pada periode pengamatan itu juga tercatat delapan kali gempa hibrid atau fase banyak, 45 kali gempa embusan, dan satu kali gempa tektonik.

Baca juga : Ini Alasan Macan Kemayoran Bobol 6 Kali Di 4 Laga Liga 1

Berdasarkan pengamatan visual, tampak asap berwarna putih keluar dari Gunung Merapi dengan intensitas tebal dengan ketinggian sekitar 100 meter di atas puncak.

Pada periode pengamatan itu, tercatat 12 kali guguran lava keluar dari gunung itu dengan jarak luncur 1.500 meter ke arah barat daya.

Baca juga : Mulai Hari Ini, Terbang Di Jawa Bali Bisa Pakai Antigen

Selain itu, laju deformasi Gunung Merapi yang diukur BPPTKG selama tiga hari menggunakan Electronic Distance Measurement (EDM) tidak terukur karena cuaca berkabut.

Hingga saat ini, BPPTKG masih mempertahankan status Gunung Merapi pada level III atau siaga.

Baca juga : Ini Kunci Persib Tak Pernah Kalah Di 10 Laga Liga 1

Guguran lava dan awan panas Gunung Merapi diperkirakan bisa berdampak ke wilayah sektor selatan-barat daya yang meliputi Sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Kali Putih.

Saat terjadi letusan, lontaran material vulkanik dari Gunung Merapi diperkirakan dapat menjangkau daerah dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung. [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.